The Effect of the Meaningful Instructional Design Method with Syrup Advertising Media on the Ability to Write Short Story Texts in Class XI Students at XI SMK Cipta
DOI:
https://doi.org/10.21009/ISLLAE.04105Keywords:
Metode Meaningful Instructional Design, Media Iklan Sirop, Kemampuan Menulis, Teks Cerita Pendek, EksperimenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode meaningful instructional design dengan media iklan sirop terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek pada siswa kelas XI SMK Cipta Karya di Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis Pre-experimental desain dengan menggunakan tipe One-Group Pretest -Posttest Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas siswa kelas XI SMK Cipta Karya yang terletak di daerah Bekasi pada tahun ajaran 2021/22 terdiri atas 1 kelas dan berjumlah 15 siswa. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji-t, menunjukan data pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah thitung = 12,35 dan ttabel = 2,144. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode meaningful instructional design dengan media iklan sirop ini dapat memengaruhi siswa dalam menulis teks cerita pendek. Siswa juga mampu untuk memahami lebih baik mengenai teks cerpen dan mampu menulis teks cerpen secara baik dengan memperhatikan beberapa aspek- aspeknya, seperti struktur teks yang terdiri atas (orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda), lalu ada unsur pembangun yang terdiri atas (tema, amanat/pesan, tokoh, penokohan, alur, setting atau latar, sudut pandang, dan gaya bahasa) dan yang terakhir kaidah kebahasaan yang terdiri atas (kalimat langsung dan kalimat tidak langsung, kata sifat, kata konjungsi kronologi, dan ketepatan penggunaan EYD).