The Effectiveness Of Using Moodle Application Media (Lms) In Learning

Authors

  • Teti Yuliawati IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Safaat Amaludin Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung

DOI:

https://doi.org/10.21009/ISLLAE.04103

Keywords:

Aplikasi Pembelajaran, LMS Moodle

Abstract

Pada masa moderenisasi ini banyak media pendidikan yang sudah dikenal dan digunakan dikalangan dunia pendidikan, selain menggunakan acuan utama buku paket, aplikasi pembelajaran merupakan salah satu media pembelajaran untuk menunjang berhasilnya proses pembelajaran. Penggunaan aplikasi pembelajaran sebagai media pembelajaran diharapkan mampu memberikan efek positif bagi peserta didik baik terhadap motivasi ataupun terhadap hasil belajar siswa. Kegiatan pembelajaran menggunakan media Aplikasi Moodle  pula sangat membantu dunia pendidikan untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang lebih efektif,  kondusif dan interaktif. Moodle sebagai media pembelajaran dapat memberikan  banyak keuntungan seperti dapat membuat efisiensi waktu pembelajaran dan menambah  motivasi siswa, Dengan aplikasi moodle ini pendidik juga lebih mudah membagi materi pembelajaran, pengiriman tugas, pengumpulan tugas, memantau pembelajaran baik di dalam ataupun di luar kelas dan lainya yang menunjang dalam proses pembelajaaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas penggunaan media Aplikasi Moodle dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMA NU Kaplongan. Hipotesis penelitian ini adalah adanya efektifitas  penggunaan aplikasi Moodle dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMA NU Kaplongan. Maka hasil peneletian diperoleh keefektifan dan kemudahan dalam penggunaan aplikasi moodle memilih jawaban setuju 66,7 %.  Adapun kendala dalam penggunaan aplikasi moodle yaitu terkait jaringan siswa setuju sebanyak 83,3 %. 

Downloads

Published

2022-01-31