The Effect Of Corporate Social Responsibility Disclosure and Company Size on Company Value
DOI:
https://doi.org/10.21009/japa.0301.03Keywords:
Corporate Social Responsibility, firm size, firm value, basic material, energyAbstract
The times have made the level of competition between companies increasing tightly, thus requiring every company to have the excellences to be able to compete. This competition encourages companies to create more value for the company to grow and attract investors. This study aims to conclude how Firm Value is influenced by Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosures and Company Size in basic material and energy sector companies listed in Indonesia Stock Exchange for the period 2018-2020. Using a quantitative descriptive method, and the number of samples totaling 39 companies, the data were analyzed by multiple linear regression analysis. Partially, the results of hypothesis testing are that the disclosure of Corporate Social Responsibility has a significant positive effect on firm value, meaning that the higher the level of CSR disclosure, the higher the firm value. While the size of the company has a significant negative effect on the value of the company, which means that the larger the size of the company, the value of the company decreases. Simultaneously, the disclosure of Corporate Social Responsibility and firm size have a significant effect on firm value.
Perkembangan zaman membuat tingkat persaingan antar perusahaan semakin ketat, sehingga mengharuskan setiap perusahaan untuk memiliki keunggulan untuk dapat bersaing. Persaingan tersebut mendorong perusahaan untuk menciptakan nilai (value) lebih bagi perusahaan agar semakin berkembang dan menarik para investor. Penelitian ini bertujuan untuk menyimpulkan bagaimana Nilai Perusahaan dipengaruhi oleh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Ukuran Perusahaan pada perusahaan sektor bahan baku dan energi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan periode 2018-2020. Menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dan jumlah sampel berjumlah 39 perusahaan, data dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Secara parsial, hasil pengujian hipotesis adalah pengungkapan Corporate Social Responsibility berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, artinya semakin tinggi tingkat pengungkapan CSR maka semakin tinggi nilai perusahaan. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, yang berarti semakin besar ukuran perusahaan maka nilai perusahaan semakin menurun. Secara simultan pengungkapan Corporate Social Responsibility dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
References
Agustina, Y. P., & Suryani, E. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 - 2016). Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 10(1), 71-82. https://doi.org/10.17509/jaset.v1011.12571
Ardiyanto, T., & Haryanto. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Accounting, 6(4), 1-15.
Bawafi, M. H., & Prasetyo, A. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 721-729. https://doi.org/10.35129/ajar.v3i02.134
Brigham, E. F., & Houston, J. (2006). Fundamentals of Financial Management. Ali Akbar Yulianto (penerjemah). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Chen, L. J., & Chen, S. Y. (2011). The Influence of Profitability on Firm Value With Capital Structure as The Mediator and Firm Size and Industry as Moderators. Investment Management and Financial Innovations, 8(3), 121-129.
Cheng, M., & Christiawan, Y. J. (2011). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Abnormal Return. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 13(1). https://doi.org/10.9744/jak.13.1.24-36
Darmaji, T. (2006) Strategi Bisnis: 60 Cara Cerdas Mengelola dan Mengembangkan Perusahaan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Dewi, A. S. M., & Wirajaya, A. (2013). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 4(2), 358-372
Fuad, M. (2000). Pengantar Bizmir, Jakarta: Gramedia
Haosana, C. (2012). Pengaruh Return On Asset Dan Tobin's Q Terhadap Volume Perdagangan Saham Pada Perusahaan Retail Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Universitas Hasanuddin). Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/25487464.pdf
Harmono. (2011). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis (1st ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Kaur, B. (2015). Impact of Corporate Social Responsibility on the Performance of the Companies. 01(02), 192-195.
Keown, A. J., Martin, J. D., Petty, J. W., & Scott, D. (2010). Manajemen Keuangan: Prinsip dan Penerapan jilid 2 (2nd ed.). Jakarta: Indeks.
Kusumajaya, D. K. O. (2011). Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Universitas Udayana.
Lestari, N. S., & Wirawati, N. G. P. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan dengan GCO Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 23(2), 1356-1414. https://doi.org/10.24843/EJA 2018.123.102.p22
Lovianda, R. J., & Ibrahim, M. (2015). Pengarah Corporate Social Responsibilty (CSR) dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Minyak dan Gas Bumi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) JOM FISIP. (9), 1689 - 1699
Oktaviani, M., Rosmanmar, A., & Hadi, S. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan (Size) dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Balance: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 16(1), https://doi.org/10.30651/blc.v16i1.2457
Prastuti, N. R., & Sudiartha, I. M. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(3).
Pristianingrum, N. (2017). Pengaruh Ukuran, Profitabilitas, dan Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Ekonomi Dan Bisnis (SNAPER-EBIS 2017), 353-365.
Puspita, N. S. (2011). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2009 (Studi Kasus Pada Sektor Industri Food And Beverage. Universitas Diponegoro, 1-68.
Putri, K. A. T., & Mardenia, L. (2019). Pengaruh GCG, CSR, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Wahana Akuntansı, 14(2), 156-169. https://doi.org/10.21009/wahana.14024
Rahma, D. A., Makhdalena, & Trisnawati, F. (2018). Pengaruh CSR, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Pendidikan Universitas Riau, 1-13. Retrieved https://www.neliti.com/id/publications/204932/pengaruh-car-profitabilitas-ukuran- perusahaan-dan-leverage-terhadap-nilai-perusa from
Rahmawati, A. D. Topowijono, & Sulasmiyati, S. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Modal Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Properti, Real Estate, dan Building Construction yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2010-2013). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 23(2), 55999.
Rajagukguk, 1., Ariesta, V., & Pakpahan, V. (2019). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Keputusan Investasi, dan Kebijakan Utang Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 3(1), 77. https://doi.org/10.33603/jibm.v3i1.2079
Ratnadewi, P., & Ulupui, 1. (2016). Mekanisme Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 14(1), 548-574.
Retno, R. D., & Priantinah, D. (2012). Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010). Jurnal Nominal, 1(1), https://doi.org/10.17509/jpak.v212.15464 84-103.
Riyanto, B. (2005). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.
Safarida, E. (2017). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia. Jurnal ASET https://doi.org/10.17509/jaset.v312.8918 (Akuntansi Riset), 3(2), 552
Salvatore, D. (2005), Ekonomi Manajerial dalam Perekonomian Global. Jakarta: Salemba Empat.
Santoso, S. (2006). Excel Manajemen Keuangan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Sartoco, A. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi Edisi 4 (4th ed.). Yogyakarta: BPFE
Setiawati, L. W., & Lim, M. (2018). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Pengungkapan Sosial Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Jurnal Akuntansi, 22(1), 29-57. https://doi.org/10.25170/jara.v1211.57
Stacia, E., & Juniarti (2015). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan di Sektor Pertambangan. Business Accounting Review, 3(2) 81-90
Suhartati, T. Warnini, S. & Sixpria, N. (2011). Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Dan Praktik Tata Kelola Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan 10(2), 95-105.
Wahyudi, H. D., Chuzaimah, C., & Sugiarti, D. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Deviden, dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Penggunaan Indeks LQ-45 Periode 2010 -2014). Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 156, https://doi.org/10.23917/benefit.v112.3259
Wiagustini, N. (2013). Manajemen Keuangan. Denpasar: Udayana University Press.
Wulandari, N., & Wiksuana, 1. (2017). Peranan Corporate Social Responsibility Dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(3), 255186.