Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Nilai Perusahaan

  • Mohamad Rizki Saputra
  • Ati Sumiati
  • Sri Zulaihati
Keywords: Nilai perusahaan, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, CSR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan strategi kuantitatif. Kajian ini melibatkan informasi tambahan sebagai rangkuman anggaran organisasi terkait yang terdapat dalam situs otoritas Indonesian Stock Exchange (IDX), tepatnya www.idx.co.id. Penelitian ini menggunakan prosedur pengujian nonprobibility sampling dengan metode pengujian purposive. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh organisasi yang tercatat di Kompas100 yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2020 dengan jumlah 100 yang kemudian dikumpulkan menggunakan kriteria tertentu menjadi 62 organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas secara tegas mempengaruhi nilai perusahaan, ukuran perusahaan memengaruhi nilai perusahaan, CSR tidak memengaruhi nilai perusahaan.

References

Al-Slehat, Zaher Abdel Fattah. (2019). "Impact of Financial Leverage, Size and Assets Structure on Firm Value: Evidence from Industrial Sector, Jordan." International Business Research 13(1):109.

Effendi, Erfan, and Ridho Dani Ulhaq. (2021). Pengaruh Audit Tenur, Reputasi Auditor, Ukuran Perusahaan Dan Komite Audit. Indramayu: Adab.

Fauziah, Fenty. (2017). Kesehatan Bank, Kebijakan Dividen Dan Nilai Perusahaan Teori Dan Kajian Empiris. Samarinda: RV Pustaka Horizon.

Hery. (2017). Riset Akuntansi. Jakarta: PT Grasindo.

Kariyoto. (2017). Analisa Laporan Keuangan. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Machmuddah, Zaky. (2020). Metode Penyusunan Skripsi Bidang Ilmu Akuntansi. Deepublish.

Maheka, Arya. (2012). Bagaimana Cara Membuat Perusahaan Yang Baik Dan Aman. Yogyakarta: Kanisus.

Maria, R., and Ph... Nindita Radyati. (2014). Sustainable Business & Corporate Social Responsibility (CSR): First Edition. CECT.

Nurahman, Nuridzal, Asep Efendi, and Emir Wicaksana. (2011). Panduan Lengkap Perencanaan CSR. Jakarta: Penebar Swadaya.

Panggabean, Muhammad Rizal. (2018). "Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal Dan Tax Avoidance Terhadap Nilai Perusahaan." Kajian Bisnis STIE Widya Wiwaha 26(1):82-94.

Pearce/Robinson. (2007). Manajemen Strategies 1. 10th ed. Jakarta: Salemba Empat.

Putri, Ayu Kumala, Made Sudarma, and Bambang Purnomosidhi. (2016). "Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Dan Jumlah Dewan Komisaris Sebagai Variabel Pemoderasi." Jurnal Aplikasi Manajemen 14(2):344- 58.

Rangkuti, Freddy. (2013). SWOT BALANCED SCORECARD. Jakarta: Gramedia Pustama Utama.

Rudangga, I. Gusti Ngurah Gede, and Gede Merta Sudiarta. (2014). "Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan." E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 3(5):253779.

Seo, Hae-jong, Kee-woong Kim, and Jin-woo Park. (2015). "A Study on Relation between Corporate Social Responsibility and Profitability-and-Corporate Value." International Journal of Business and Social Research 5(10):45-54.

Setiawati, Loh Wenny. (2018). "Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Pengungkapan Sosial Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015." Jurnal Akuntansi 12(1):29-57.

Sucuahi, William, and Jay Mark Cambarihan. (2016). "Influence of Profitability to the Firm Value of Diversified Companies in the Philippines." Accounting and Finance Research 5(2).

Suffah, Roviqotus, and Akhmad Riduwan. (2016). "Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Dividen Pada Nilai Perusahaan." Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi 5(2):1-17.

Supriadi, Imam. (2020). Metode Riset Akuntansi. Sleman: Deepublish.

Syairozi, Muhamad Imam. (2019). Pengungkapan CSR Pada Perusahaan Manufaktur Dan Perbankan Tidar Media. 1st ed. Magelang: Tidar Media.

Utomo, Mohamad Nur. (2019). Ramah Lingkungan Dan Nilai Perusahaan. Surabaya: CV Jakad Publishing Surabaya.

Wati, Lela Nurlaela. (2019). Model Corporate Social Responsibility (CSR). Myria Publisher. 192

Yusuf, Mohamad Yaser. (2017). I CSR. 1st ed. Depok: Kencana.

Zaharudin, Harmaizar. (2006). Menggali Potensi Wirausaha. 2nd ed. Bekasi: CV Dian Anugrah Prakasa.

Published
2022-04-30
How to Cite
Saputra, M. R., Sumiati, A., & Zulaihati, S. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 3(1), 181-192. https://doi.org/10.21009/japa.0301.11