Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Reklame di DKI Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.21009/japa.0203.04Keywords:
Kepatuhan Wajib Pajak Reklame, Kualitas Pelayanan, Kondisi Keuangan, Sanksi Perpajakan, Kompleksitas PeraturanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari kualitas pelayanan, kondisi keuangan, sanksi perpajakan dan kompleksitas peraturan terhadap kepatuhan wajib pajak reklame. Populasi pada penelitian ini adalah wajib pajak reklame yang terdaftar di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu 104 wajib pajak reklame. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 23.
Penelitian ini memperolah hasil sebagai berikut: Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak reklame, Kondisi Keuangan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak reklame, Sanksi Perpajakan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak reklame dan Kompleksitas Peraturan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak reklame.