Pengaruh TQM terhadap Kinerja UMKM Melalui Orientasi Pasar sebagai Variabel Intervening
DOI:
https://doi.org/10.21009/japa.0202.03Keywords:
Total Quality Management (TQM), Orientasi Pasar, Kinerja UMKMAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah menguji dan menganalisis pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap kinerja UMKM, menguji dan menganalisis pengaruh TQM terhadap orientasi pasar, menguji dan menganalisis pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja UMKM, serta menguji dan menganalisis pengaruh TQM terhadap kinerja UMKM melalui orientasi pasar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling melalui purposive sampling. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yaitu melalui kuesioner yang dikumpulkan dari 30 pemilik UMKM di Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik inferensial yang diukur dengan menggunakan PLS-SEM pada perangkat lunak SmartPLS 3.0. Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut: (a) TQM secara signifikan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja UMKM; (b) TQM secara signifikan memiliki pengaruh positif terhadap orientasi pasar; (c) Orientasi pasar secara signifikan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja UMKM; dan (d) Orientasi pasar tidak memediasi hubungan TQM terhadap kinerja UMKM.