Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kesempatan Bertumbuh dan Leverage terhadap Pengungkapan Emisi Karbon

  • Inan Rahmawati
  • Adam Zakaria
  • Sri Zulaihati

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, kesempatan bertumbuh dan leverage terhadap koefisien respon laba. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan dari perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2016-2018 sebagai objek penelitian. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yang menghasilkan 72 perusahaan dengan total observasi sebanyak 216 sampel. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda untuk melakukan uji hipotesis dengan dibantu program SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh secara positif terhadap koefisien respon laba, dan leverageberpengaruh secara negatif terhadap keofisien respon laba. Sementara itu, kesempatan bertumbuh tidak berpengaruh terhadap koefisien respon laba.

Diterbitkan
2021-04-25