Faktor - faktor yang Mempengaruhi Persistensi Laba
DOI:
https://doi.org/10.21009/japa.0102.01Keywords:
Persistensi Laba, Tingkat Hutang, Ukuran Perusahaan, Volatilitas PenjualanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah memberikan bukti nyata adanya pengaruh tingkat hutang, ukuran perusahaan, dan volatilitas penjualan terhadap persistensi laba pada perusahaan manufaktur subsektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016 – 2019. Berdasarkan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling menghasilkan sampel berjumlah 16 perusahaan dan observasi berjumlah 64 perusahaan. Data dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan analisis regresi data panel dengan bantuan aplikasi Eviews 10. Hasil dari analisis yang dilakukan dalam penelitian ini memberi bukti bahwa adanya pengaruh positif antara tingkat hutang dan persistensi laba, dan tidak terdapat pengaruh antara ukuran perusahaan dan volatilitas penjualan terhadap persistensi laba. Oleh karena itu perusahaan dapat meningkatkan persistensi labanya dengan mengendalikan tingkat hutang yang dimilikinya.