Pengaruh TQM Terhadap Kinerja UMKM dengan Mediasi Keunggulan Bersaing
DOI:
https://doi.org/10.21009/japa.0302.02Keywords:
Keunggulan Bersaing, Kinerja UMKM, Total Quality Management (TQM)Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap kinerja UMKM, menguji dan menganalisis pengaruh TQM terhadap keunggulan bersaing, menguji dan menganalisis pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja UMKM, serta menguji dan menganalisis pengaruh TQM terhadap kinerja UMKM dengan mediasi keunggulan bersaing. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling berupa purposive sampling. Data primer penelitian melalui pengumpulan kuesioner yang diperoleh dari total sampel sebanyak 70 Pemilik UMKM di Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara. Penelitian menggunakan teknik analisis data berupa analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui PLS-SEM pada SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) TQM secara signifikan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja UMKM; (2) TQM secara signifikan memiliki pengaruh positif terhadap keunggulan bersaing; (3) Keunggulan bersaing secara signifikan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja UMKM; serta (4) Keunggulan bersaing memediasi hubungan TQM terhadap kinerja UMKM secara signifikan memiliki pengaruh positif. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap hasil temuan yang didapatkan untuk penelitian yang sejalan dan memberikan kontribusi terhadap Resource Based View Theory dan Dynamic Theory of Strategy. Selain itu, penelitian ini memberikan implikasi terhadap Pelaku UMKM untuk bisa menerapkan sistem TQM dalam usaha agar mampu bersaing secara kompetitif yang dapat meningkatkan kinerja usaha.
References
Asad, M., Devi, S., & Ali, A. (2020). Total Quality Management, Entrepreneurial Orientation, and Market Orientation: Moderating Effect of Environment on Performance of SMEs. Paradigms, 27(14(1)), 102–108. https://doi.org/10.24312/193014016
Asyhari, A., Pudjihastuti, S. H., & Kurdaningsih, D. M. (2018). Peran Mediasi Keunggulan Kompetitif Pada Faktor Determinan Kinerja Bisnis Ukm Di Sentra Tenun Batik Di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, 22(2), 111–131.Https://Doi.Org/10.20885/Jsb.Vol22.Iss2.Art1
Barney, J., Wright, M., &Ketchen, D. J. (2001). The Resource-Based View of The Firm: Ten Years After 1991. Journal of Management, 27(6), 625–641. https://doi.org/10.1016/S0149-2063(01)00114-3
Bayu, D. (2022). Jumlah UMKM Di Indonesia. Data Indonesia. Id. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/berapa-jumlah-umkm-di-indonesia
Bazazo, I., Alansari, I., Alquraan, H., Alzgaybh, Y., & Masa’deh, R. (2017). The Influence of Total Quality Management, Market Orientation and E-Marketing on Hotel Performance. International Journal of Business Administration, 8(4),79. https://doi.org/10.5430/ijba.v8n4P79
Bhaskar, H. L. (2020). Establishing A Link Among Total Quality Management, Market Orientation and Organizational Performance: An Empirical Investigation. TQM Journal, 32(6), 1507–1524. https://doi.org/10.1108/tqm-01-2019-0012
Chienwattanasook, K., & Jermsittiparsert, K. (2019). Influence of Entrepreneurial Orientation and Total Quality Management on Organizational Performance of Pharmaceutical SMEs in Thailand with Moderating Role of Organizational Learning. Systematic Reviews in Pharmacy, 10(2), 223–233. https://doi.org/10.5530/srp.2019.2.31
Firman, A. (2021). Pengaruh Total Quality Management (TQM) Terhadap Keunggulan Bersaing pada PT Toyota Kalla Cabang Alauddin Makassar. 1–16.
Goetsch, D., & Davis, S. (2016). Quality Management for Organizational Excellence: Introduction to Total Quality 8Th Edition. Printice.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Marko, S. (2016). A primer on partial least squares Structural Equation Modeling (PlLS-SEM). Thousand Oaks.
Hamel, C., & Wijaya, A. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Usaha UKM di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(4), 863. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i4.9865
Hardiani, F. O. (2019). Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Keunggulan Bersaing. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
Hendratmoko. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja UMKM di Indonesia. Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship, 2(1),50–65.
Hilman, H., Ali, G.A., & Gorondutse, A.H. (2020). The Relationship Between TQM and SMEs’ Performance: The Mediating Role of Organizational Culture. International Journal of Productivity and Performance Management, 69(1), 61–84. https://doi.org/10.1108/ljppm-02-2019-0059
IMF. (2018). Laporan Tahunan IMF 2018 Tinjauan Umum Membangun Masa Depan Bersama.
Imran, M., Binti Aziz, A., Binti Abdul Hamid, S. N., Shabbir, M. S., Salman, R., & Jian, Z. (2018). The Mediating Role of Total Quality Management Between Entrepreneurial Orientation and SMEs Export Performance. Management Science Letters, 8(6), 519–532. https://doi.org/10.5267/j.msl.2018.5.003
Islami, A. C., Kunaifi, A., & Gunawan, J. (2017). Ragam Pengukuran Kinerja pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Surabaya. Jurnal Sains & Seni, 6(2). https://doi.org/10.12962/j23373520.v6i2.23112
Jaya, A. S., Purwohedi, U., & Armeliza, D. (2021). Pengaruh TQM Terhadap Kinerja UMKM Melalui Orientasi Pasar Sebagai Variabel Intervening. Akuntansi, Perpajakan dan Auditing, 2(2), 215–241.
Kaplan, R., & Norton, D. (1996). Linking The Balanced Scorecard to Strategy (Reprinted from The Balanced Scorecard). California Management Review, 39(I), 53-. http://eprints.bournemouth.ac.uk/2933/1/licence.txt
Katadata.co.id. (2020). Digitalisasi UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. https://katadata.co.id/umkm
Kemenkeu.go.id. (2021). Pemerintah terus Perkuat UMKM Melalui Berbagai Bentuk Bantuan. Kemenkeu.go.id. https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/pemerintah-terus-perkuat-umkm-melalui-berbagai-bentuk-bantuan/
Khan, I., & Bashir, T. (2020). Market Orientation, Social Entrepreneurial Orientation, and Organizational Performance: The Mediating Role of Learning Orientation. Iranian Journal of Management Studies,13(4),673–703. https://doi.org/10.22059/ijms.2020.289467.673800
Khoviani, F. S., & Izzaty, K. N. (2020). Penerapan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM dengan Total Quality Management Sebagai Variabel Intervening. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 62–76. https://doi.org/10.35829/magisma.v8i2.89
Kurniawati, E. P., & Meilianaintani, A. (2016). Effect Analysis of The Use of Accounting Information, Managerial Performance and Employee Performance to Wards SMEs. Journal Of Administrative and Business Studies, 2(3), 131–142. https://doi.org/10.20474/jabs-2.3.4
Liputan6.com. (2022). Rasio Kewirausahaan di Indonesia Baru 3,47 Persen. Liputan 6. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4925383/rasio-kewirausahaan-di-indonesia-baru-347-persen
Marini; Hesti & Yuniarti, R. (2021). Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Organisasi dengan Inovasi Sebagai Variabel Mediasi. National Conference on Applied Business, Education, & Technology (NCABET), 4(1), 1–23.
Minci, V. Y. (2018). Pengaruh Praktik Total Quality Management Terhadap Kinerja Usaha dan Daya Saing Sebagai Variabel Mediasi pada Usaha Kecil dan Menengah dikota Dumai. Jurnal Online Mahasiswa Feb, 1(1),1–14.
Mulyono, F. (2013). Firm Capability dalam Teori Resource-Based View. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(2), 128–143.
Pambreni, Y., Khatibi, A., Ferdous Azam, S. M., & Tham, J. (2019). The Influence of Total Quality Management Toward Organization Performance. Management Science Letters, 9(9), 1397–1406. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.5.011
Porter, M. E. (1991). Towards A Dynamic Theory of Strategy. Strategic Management Journal,12 (Fundamental Research Issues In Strategy And Economics), 95–117.
Porter, M. E. (1993). Keunggulan Bersaing Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Erlangga.
Pramesti, N. M. V., & Giantari, I. G. A. K. (2016). Peran Orientasi Pasar Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UKM Industri Kerajinan Endek. Journal of Marketing, 54(4), 20–35.
Ramayanti, R., & Novita, N. (2017). Perkembangan Kinerja UMKM Sebelum dan Sesudah Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis (SNEBIS), 1(1), 1–9.
Respatiningsih, H. (2019). Manajemen Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Manajemen dan Bisnis, 15(2), 53.
Sahoo & Yadav, S. S. (2017). Journal of Manufacturing Technology Management: Guest Editorial. Journal of Manufacturing Technology Management, 15(4), 313–314. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/JMTM-04-2017-0064
Segara, I. G. B. M., & Sudiartha, G. M. (2019). Peran Kualitas Pelayanan dalam Memediasi Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kepuasan Konsumen pada Sepeda Bali Tour. E-jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(5), 3247. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i05.p24
Septyaningsih, I., & Zuraya, N. (2020). Kemenkop: 56 Persen UMKM Mengalami Penurunan Penjualan. Republika.co.id. https://www.republika.co.id/berita/q8vsnj383/kemenkop-56-persen-umkm-mengalami-penurunan-penjualan
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Wang, C. H., Chen, K. Y., & Chen, S. C. (2012). Total Quality Management, Market orientation and Hotel Performance: The Moderating Effects of External Environmental Factors. International Journal of Hospitality Management, 31(1), 119–129. Https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2011.03.013
Wenerfelt, B. (1984). Resource-based View of The Firm (5(2)).
Wijiharjono, N. (2021). Manajemen Strategik : Pemikiran Michael Porter dan Implikasinya Bagi Pengembanganekonomikreatif.1,1–28. https://www.researchgate.net/publication/352370573_manajemen_strategik_pemikiran_michael_porter_dan_implikasinya_bagi_pengembangan_ekonomi_kreatif.
Wong, K. (2019). Mastering Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM) with Smartpls in 38 Hours (Issue March).
Yajid, M. S. A., Khatibi, A., Azam, S. M. F., & Ranasinghe, H. K. G. S. (2018). A Systematic Literature Analysis on Entrepreneurial Orientation and Business Performance. Press Academia, 7(3), 269–287. https://doi.org/10.17261/pressacademia.2018.955
Yu, W., Chavez, R., Jacobs, M. A., & Feng, M. (2018). Data-driven Supply Chain Capabilities and Performance: A Resource-based View. Transportation Research Part E: Logistics and Transportation Review, 114, 371–385. https://doi.org/10.1016/j.tre.2017.04.002