Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Market Share Perbankan Syariah di Indonesia

Authors

  • Delvia Melina Universitas Negeri Jakarta
  • Etty Gurendrawati Universitas Negeri Jakarta
  • Diah Armeliza Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/japa.0303.10

Keywords:

Pangsa Pasar, Bank Syariah, Kinerja Keuangan

Abstract

ABSTRAK

This study aims to analyze the effect of financial performance on the market share of Islamic banking in Indonesia. This study uses secondary data, namely the quarterly financial reports of Islamic commercial banks in 2019-2021. The sample was selected using a purposive sampling method and a total sample of 96 data was obtained from 8 Islamic Commercial Banks that met the criteria. The data analysis method used in this study is the panel data regression method. The results of this study prove that the Capital Adequacy Ratio (CAR) variable has a significant negative effect on market share due to the high CAR ratio because Islamic banks always try to keep their CAR in accordance with applicable regulations. The Variable Operating Costs and Operating Income (BOPO) has no effect on Market Share because the average BOPO in the study year of 90% does not reflect the efficiency of business activities so that customers also do not see BOPO as having an influence on banking business activities. And for Third Party Funds (DPK) and Non-Performing Financing (NPF) have a positive effect on Market Share.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja keuangan terhadap pangsa pasar perbankan syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan triwulan bank umum syariah tahun 2019-2021. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh total sampel sebanyak 96 data dari 8 Bank Umum Syariah yang memenuhi kriteria. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi data panel. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh negatif signifikan terhadap pangsa pasar karena tingginya rasio CAR karena bank syariah selalu berusaha menjaga CAR-nya sesuai ketentuan yang berlaku. Variabel Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO) tidak berpengaruh terhadap Pangsa Pasar karena rata-rata BOPO pada tahun penelitian sebesar 90% tidak mencerminkan efisiensi kegiatan usaha sehingga nasabah juga tidak melihat BOPO berpengaruh terhadap bisnis perbankan kegiatan. Dan untuk Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non-Performing Financing (NPF) berpengaruh positif terhadap Market Share.

 

 

Author Biographies

Etty Gurendrawati, Universitas Negeri Jakarta

 

 

Diah Armeliza, Universitas Negeri Jakarta

 

 

References

Adelia, S., Andriani, S., & Adhitya, N. (2018). Analisis Faktor-Faktor Keuangan dan Aspek Teknologi terhadap Market Share Perbankan di Indonesia Periode 2013-2017. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia.
Aminah, Soewito, Erina, N., & Damayanti, T. (2019). Financial Performance and Market Share in Indonesia Islamic Banking: Stakeholder Theory Perspective. Journal of Scientific & Technology Reseacrh.
CNBC Indonesia. (2020). Aset Keuangan Syariah RI Kalah dari Malaysia, La Tahzan ya! Diakses dari https://www.cnbcindonesia.com/syariah/20201229182015-29-212366/aset- keuangan-syariah-ri-kalah-dari-malaysia-la-tahzan-ya pada tanggal 21 Agustus 2022
Economy Okezone. (2018). BI Targetkan Market Share Keuangan Syariah Mencapai 20%. Diakses dari https://economy.okezone.com/read/2018/12/12/20/1990097/bi-targetkan-market-share-keuangan-syariah-mencapai-20 pada tanggal 13 Maret 2022
Ghozali, Imam., & Ratmono, Dwi. (2017). Analisis Multivariat dan Ekonometrika Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan Eviews 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, G., & Utami, T. (2021). Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Pembiayaan Bermasalah dan BOPO terhadap Market Share Perbankan Syariah. SAKUNTALA: Prosiding Sarjana Akuntansi Tugas Akhir Secara Berkala.
Iqbal, Muhammad. (2015). Regresi Data Panel Tahap Analisis. Perbanas Institute.
Lasrin, D. A., Hidayati, S., & Permadhy, Y. T. (2021). Analisis Faktor-Faktor Kinerja Keuangan
yang Memengaruhi Market Share Perbankan Syariah di Indonesia . KORELASI: Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 728-743.
Ludiman, I., & Mutmainah, K. (2020). Analisis Determinan Market Share Perbankan Syariah di Indonesia (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah yang Terdaftar di OJK Periode Maret 2017 sampai September 2019. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech).
Mauli Desil, I., & Amri. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Peningkatan Market Share Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam.
Noor Rohman, S., & Karsinah. (2016). Analisis Determinan Pangsa Pasar Bank Syariah dengan Kinerja Bank Syariah di Indonesia Periode 2011-2016. Economics Development Anaysis Journal.
Purboastuti, N., Anwar, N., & Suryahani, I. (2015). Pengaruh Indikator Utama Perbankan Terhadap Pangsa Pasar Perbankan Syariah. JEJAK: Journal of Economics and Policy.
Rahman, A. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Market Share Bank Syariah. Analytica Islamica, 291-314.
Saputra, B. (2014). Faktor-Faktor Keuangan yang Memengaruhi Market Share Perbankan Syariah di Indonesia. AKUNTABILITAS, 123-131.
Soewito, A., Erina, N., & Damayanti, T. (2019). Financial Performance and Market Share in Indonesia Islamic Banking: Stakeholder Theory Perspective. International Journal of Scientific & Technology Research.
Wulandari, V., & Deky, A. (2019). Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Pembiayaan Terhadap Market Share Perbankan Syariah di Indonesia melalui Aset sebagai Variabel Intervening. Serambi: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Islam.

Downloads

Published

2023-02-20

How to Cite

Melina, D., Gurendrawati, E. ., & Armeliza, D. . (2023). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Market Share Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 3(3), 710–724. https://doi.org/10.21009/japa.0303.10