Pengaruh E-Commerce, Budaya Organisasi, dan Pengetahuan Akuntansi terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

  • Ahmad Natsiruddin UNJ
  • Nuramalia Hasanah Universitas Negeri Jakarta
  • Diah Armeliza Universitas Negeri Jakarta
Keywords: e-commerce, organizational culture, accounting knowledge, performance of micro small and medium enterprises, performance of MSMEs

Abstract

This study aims to determine the effect of the independent variable, namely E-Commerce,
Organizational Culture, and Accounting Knowledge on the dependent variable, namely the
Performance of Micro, Small, and Medium Enterprises. The population of this study is MSMEs located in the Pulogadung Small Industry Center (PIK) area, East Jakarta. MSME performance is measured by e-commerce, organizational culture, and accounting knowledge. The samples obtained were 80 respondents with simple random sampling method. The results of this study indicate that e- commerce does not have a significant effect on the performance of MSMEs and organizational culture and accounting knowledge have a significant influence on the performance of MSMEs.

References

Abdillah, M., Primasari, D., & Widianingsih, R. (2019). Pengaruh Strategi Bisnis, Kemampuan Manajerial dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku UMKM Terhadap Kinerja UMKM Bidang Kuliner di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Optimum, 9(2),145–157.

Agustin, D. S. (2020). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Umkm dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening. IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis,1(1),8–18. https://doi.org/10.38076/ideijeb.v1i1.4

Agustini, I. G. A. A. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Kinerja Perusahaan PT. Erha Clinic Indonesia. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 12, 2493. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i12.p02

Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). 済無NoTitleNoTitleNoTitle. 9–44.

Dhyana Putra, I. G., & Asri Dwija Putri, I. G. A. M. (2020). Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Keuangan. E-Jurnal Akuntansi, 30 (8), 2078. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i08.p14

Ermawati, N., & Arumsari, N. R. (2021). Sistem Informasi Akuntansi pada Kinerja Usaha Kecil Menengah. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 23 (1), 145 – 156. https://doi.org/10.34208/jba.v23i1.973

Fahrianta, R. Y., & Chandra, M. (2013). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Kepribadian Wirausaha Terhadap Kinerja Manajerial pada Perusahaan Dagang di Kota Banjarmasin. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 14 (1), 21–30.

Gustina, L., Novita, W., & Triadi, Y. (2022). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan. 4(1), 152–161.

Lestari, N. A., & Rustiana, S. H. (2019). Pengaruh Persepsi Owner dan Pengetahuan Akuntansi dalam Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Pamulang. Journal of Business & Entrepreneurship Universitas Muhammadiyah Jakarta, 1 (2), 67–80. https://doi.org/10.24853/baskara.1.2.67-80

Nuvriasari, A., Wicaksono, G., & Sumiyarsih, S. (2018). Peran Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Strategi Bersaing Terhadap Peningkatan Kinerja UKM. Ekuitas (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 19 (2), 241–259. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2015.v19.i2.88

Prasetyo, E. (2022). Pengaruh E-Commerce, Pengetahuan Akuntansi, Budaya Organisasi dan Literasi Keuangan terhadap Kinerja UMKM. 1(3), 370–383.

Purnata, I. W. R., & Suardikha, I. M. S. (2019). Pengaruh E-Commerce, Budaya Organisasi, dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan pada UKM. E-Jurnal Akuntansi, 28, 296. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v28.i01.p12

Setiawati, E., Diana, N., & Mawardi, M. C. (2021). Pengaruh E-Commerce, Pengetahuan Akuntansi, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja UMKM di Kota Malang. E-Jra,10(04), 37–46.

Subagio, I. S., & Saraswati, E. (2020). Pengaruh E-Commerce dan Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja UMKM di Purbalingga. Journal of Law, Economic, and English, 2, 1–14. Triandra, N., Hambali, D., Nurasia, & Rosalina, N. (2019). Analisis Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM (Studi Kasus pada UMKM di Kabupaten Sumbawa). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 4(1), 6–10. https://doi.org/10.37673/jebi.v4i1.259

Wahyuni, S., Nugroho, W. S., Purwantini, A. H., & Khikmah, S. N. (2021). Pengaruh E-Commerce, Budaya Organisasi, Penggunaan Sistem UMKM di Kota Magelang. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Universitas Tidar, September, 287–300.

Published
2023-10-25
How to Cite
Natsiruddin, A., Hasanah, N., & Armeliza, D. (2023). Pengaruh E-Commerce, Budaya Organisasi, dan Pengetahuan Akuntansi terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 4(2), 470-485. https://doi.org/10.21009/japa.0402.09