Analisis Efektivitas Alokasi Dana Desa pada Anggaran Belanja di Desa Banguncipto Kecamatan Sentolo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Stephanie Nathania Universitas Negeri Jakarta
  • Indra Pahala Universitas Negeri Jakarta
  • Hera Khairunnisa Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Village funds, Allocation, Effectiveness

Abstract

 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana Dana Desa dialokasikan dan seberapa efektif penggunaannya di Desa Banguncipto, Kulon Progo. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk memverifikasi apakah Desa Banguncipto, Kulon Progo, melakukan pengelolaan keuangan Desa dengan baik. Pendekatan penelitian ini menggabungkan aspek kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektivitas Dana Desa di Desa Banguncipto bervariasi dari tahun ke tahun: efektif pada ketiga tahun, 2019, 2020, dan 2021. Desa Banguncipto terbukti berhasil mengelola keuangannya dengan melibatkan partisipasi masyarakat, menjaga transparansi dan ketaatan terhadap regulasi yang berlaku. Tantangan utama yang dihadapi dalam pengelolaan keuangan adalah kurangnya sumber daya manusia, yang menyebabkan penundaan dalam pelaporan kegiatan. Diskusi dan implikasi lebih lanjut dari temuan ini akan diuraikan dalam artikel.

References

Deka Veronica, 2020. “Evaluasi Keberhasilan Penggunaan Dana Desa (Studi Kasus Desa MajuJaya Kecamatan Pelepat Ilir, Kabupaten Bungo)”.

Dewi Nur Aini, 2023. “Analisis Kinerja Keuangan Pengelolaan Alokasi Dana Desa Berdasarkan Rasio Efektivitas dan Rasio Pertumbuhan pada Kantor Desa Jati Mulyo Tanjung Jabung Timur”.

Diah Lestari, 2018. “Analisis Efektivitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun 2018 di Desa Dawan Klod, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung”.

Didit Herlianto, 2018. “Pengelolaan Keuangan Desa.Pdf.” Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018.

Muhamad Mahsun. (2019). Pengukuran Kinerja Sektor Publik (1st ed.). Universitas Terbuka

Published
2024-02-11
How to Cite
Nathania, S., Pahala, I., & Khairunnisa, H. (2024). Analisis Efektivitas Alokasi Dana Desa pada Anggaran Belanja di Desa Banguncipto Kecamatan Sentolo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 4(3), 688-699. https://doi.org/10.21009/japa.0403.05