Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, dan Umur Perusahaan Terhadap Islamic Social Reporting
DOI:
https://doi.org/10.21009/japa.0601.04Keywords:
Company Size, Profitability, Liquidity, Company Age, Islamic Social ReportingAbstract
This study aims to determine the effect of company size, profitability, liquidity, and company age on Islamic Social Reporting (ISR). The study utilizes quantitative methods and employs regression analysis to analyze data collected from purposive sampling and use non participant observation. The results of the study indicate that the company size has impact ISR practices, profitability has impact ISR practices, liquidity has not impact ISR practices, company age has impact ISR practices.
References
Aini, N., Susilowati, Y., Indarti, K., & Age, R. F. (2017). Pengaruh Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, Profitabilitas Dan Kinerja Lingkungan Hidup Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) TAHUN 2012 – 2015. Dinamika Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan, 6(1), 67–82.
al Farisi, J. R. (2015). Pengaruh Meknisme CGC, Investment Account Holder dan Ukuran Perusahan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Bank Umum Syariah di Indonenesia.
Arthika, M., Caesar, D. ;, & Putri, M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting. In Bisnis Indonesia (Vol. 2, Issue 2).
Astuti, Y. T., & Binawati, E. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Komisaris Independen, Umur Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Islamic Social Reporting pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) Periode Tahun 2013-2017. OPTIMAL, 17, 149–157.
Azizah, N. A., Abbas, S. D., Hamdani, & Hakim, Z. M. (2022). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, dan Likuiditas Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 1, 18–34.
Eksandy, A.-, & Hakim, M. Z. (2018). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reportingpada Perbankan Syariâ€TMah Indonesia Periode 2011 – 2015. Jurnal Akuntansi Maranatha, 10(2), 187–198. https://doi.org/10.28932/jam.v10i2.1084
Gustani, G. (2015). Islamic Social Reporting (ISR) sebagai Model Pelaporan CSR Institusi Bisnis Syariah. Https://Www.Iaei-Pusat.Org/. https://www.iaei-pusat.org/memberpost/ekonomi-syariah/islamic-social-reporting-isr-sebagai-model-pelaporan-csr-institusi-bisnis-syariah?language=id
Haniffa, R. (2002). Social Responsibility Disclosure: An Islamic Perspective. In Indonesian Management & Accounting Research (Vol. 1, Issue 2, pp. 128–146).
Mais, R. G., & Alawiyah, T. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan Dewan Komisaris Independen Terhadap Pengungkapkan Islamic Social Reporting (ISR) Pada Perbankan Syariah Di Indonesia Tahun 2015-2018. Jurnal STEI Ekonomi, 29 N0. 02, 57–77.
Othman, R., Thani, A. M., & Ghani, E. K. (2009). Determinants Of Islamic Social Reporting Among Top Shariah -Approved Companies In Bursa Malaysia. Research Journal of International Studies, 12(12), 4–20.
Prasetyoningrum, A. K. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Efisiensi Biaya, Dan Umur Perusahaan Terhadap Islamic Social Reporting (ISR) Pada Perbankan Syariah Di Indonesia. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 2(2), 147. https://doi.org/10.21043/malia.v2i2.4780
Puspitasari, D. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Islamic Social Reporting pada Perusahaan Pertanian yang Terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES) Periode 2013 - 2019. Jurnal Humaniora, 4(2), 244–255. https://pdfs.semanticscholar.org/ff63/b3b230888a9c2583e2b2e36892bbe2023a7d.pdf
Rostiani, S. S., & Sukanta, T. A. (2019). PENGARUH DEWAN PENGAWAS SYARIAH, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) (Studi Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2012-2016). Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi, 4(2), 1225–1248. https://doi.org/10.33197/jabe.vol4.iss2.2018.184
Umiyati, U., & Baiquni, M. D. (2019). Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Islamic Social Reporting Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 6(1), 85–104. https://doi.org/10.35836/jakis.v6i1.10