Pengaruh PPN, PKB, Harga dan Iklan Terhadap Minat Beli Kendaraan Bermotor Listrik

Authors

  • Vito Benedick Universitas Negeri Jakarta
  • Ayatulloh Michael Musyaffi Universitas Negeri Jakarta
  • Indra Pahala Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/japa.0503.04

Keywords:

Advertising, Price, Purchase Interest, Smart-PLS, Value Added Tax, Vehicle Tax

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Pajak Penambahan Nilai, Pajak Kendaraan Bermotor, Harga, dan Iklan terhadap minat beli kendaraan bermotor listrik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang didapat dari kuisioner yang disebarkan kepada masyarakat Cengkareng Barat. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 sampel. Model analisis data pada penelitian ini adalah SEM-PLS dengan pengujian outer model, dan structural model dengan bantuan aplikasi pengolahan data Smart-PLS. hasil penelitian menunjukkan bahwa Pajak Penambahan Nilai, Pajak Kendaraan Bermotor, dan Iklan berpengaruh terhadap minat beli kendaraan bermotor listrik sedangkan Harga tidak berpengaruh terhadap minat beli kendaraan bermotor listrik

References

Apriliyanto, R. D., & Setyowati, L. (2023). Pengaruh PKB dan Harga terhadap Daya Beli Mobil di Kota Surabaya. Maeswara: Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(4), 170–187.
Azhar, F., Lukita, C., & Sujaya, F. A. (2024). Pengaruh PPN, PPNBM, PKB Serta Pendapatan Terhadap Minat Beli Kendaraan Listrik di Indonsia. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(3), 3881–3893.
Ganyang, M. T. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan dan Brand Knowledge Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Yamaha. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 2(1), 71–80.
Jaya, K. P. P. S. N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli.
Rokhmawati, H. N., Kuncorowati, H., & Supardin, L. (2022). Pengaruh Harga, Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Honda Scoopy di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), 515–526.
Safriadi, S., & Hardyaningwati, H. (2019). Pengaruh Atribut Produk dan Iklan Terhadap Minat Beli Kendaraan Bermotor Jenis Metic Merek Honda Pada Pt. Astra Honda Motor Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah WIDYA. https://e-journal.jurwidyakop3.com/index.php/jurnal-ilmiah/article/view/278
Santoso, A. T., & Ratnawati, J. (2023). Pengaruh PPN, PPnBM, dan PKB dengan Tarif Progresif Terhadap Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat di Kota Semarang. Akuntansi Dewantara, 7(1), 88–98.
Simak, A. H., Saerang, I. S., & Jan, A. B. H. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser dan Iklan Televisi Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Yamaha (Study pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 2377–2384.
Suyaman, D. J., Andriani, E. F., Alifiana, S., Juniar, D., & Azzahra, F. (2021). Pengaruh Inovasi Produk dan Promosi Penjualan terhadap Minat Beli Sepeda Motor Suzuki Satria F150 (Survei pada Komunitas Suzuki Satria F150 Indonesia). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(1), 472–587.
Tania, A. E., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(1), 75–84

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Benedick, V., Musyaffi, A. M., & Pahala, I. (2024). Pengaruh PPN, PKB, Harga dan Iklan Terhadap Minat Beli Kendaraan Bermotor Listrik. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 5(3), 519–529. https://doi.org/10.21009/japa.0503.04