Hubungan Antara Label Halal dan Celebrity Endorsement dengan Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Kecantikan
Keywords:
Label Halal, Celebrity Endorsement, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara label halal dan celebrity endorsement dengan keputusan pembelian produk kosmetik Wardah pada mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta secara simultan dan parsial. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik Purposive sampling sebanyak 109 orang. Penelitian menggunakan teknik analisis data yaitu : uji persyaratan analisis meliputi a) uji normalitas, dan b) uji linieritas; persamaan regresi linier berganda; uji hipotesis meliputi a) uji signifikansi simultan (uji f), dan b) uji signifikansi parsial (uji t); analisis korelasi ganda; dan perhitungan koefisiensi determinasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan secara parsial antara label halal dengan keputusan pembelian, serta hubungan positif dan signifikan secara parsial antara celebrity endorsement dengan keputusan pembelian. Dan juga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara label halal dan celebrity endorsement dengan keputusan pembelian.
Kata kunci: Celebrity Endorsement; Keputusan Pembelian; Label Halal