Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pengguna Internet

  • Krisnaldi Alban
  • Basrah Saidani
  • Ryna Parlyna
Keywords: Harga, Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Loyalitas Pengguna

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari harga, kualitas produk dan kualitas layanan terhadap loyalitas pengguna pada masyarakat Jabodetabek. Penelitian tersebut dilakukan selama kurang lebih enam bulan dari 29 Oktober 2020 hingga 01 Maret 2021. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode survei, yang dimana mencari tahu sesuai dengan kriteria tertentu dan disebarkan melalui google form. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang dilibatkan adalah pengguna Indosat khusus untuk internet pada wilayah Jabodetabek sebanyak 200 responden. Hasil penelitian tersebut yaitu harga, kualitas produk dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengguna. Sedangkan secara parsial, variabel harga dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan, akan tetapi variabel  kualitas produk ternyata tidak memiliki pengaruh positif. Adapun untuk nilai koefisien determinasi terhadap loyalitas pengguna,variabel harga (5,8%), kualitas produk (2,3%) dan kualitas layanan (22,3%), sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Persamaan untuk uji regresi linier berganda yaitu Ŷ = 4.531 + 0,163X1 + 0,05X2 + 0,490X3.

Published
2022-10-20