Pengaruh Harga dan Kepercayaan pada Jasa Pengiriman X terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce di Jakarta

  • Ranni Marlina Wijayanti
  • Basrah Saidani
  • Nadya Fadillah Fidhyallah
Keywords: Harga, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan, Jasa Pengiriman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga dan kepercayaan pada jasa pengiriman X terhadap kepuasan pelanggan e-commerce di jakarta. Metode yang digunakan adalah dengan metode survei, dengan populasi masyarakat di Jakarta yang pernah menggunakan SiCepat Ekspres sebagai jasa pengiriman barang yang dibeli melalui e-commerce. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear sederhana dengan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 200 responden. Hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara harga dan kepuasan pelanggan, hipotesis ini terbukti dengan  nilai thitung (9,162) > (1,653) ttabel dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan dan kepuasan pelanggan, hipotesis ini terbukti dengan nilai thitung (8,259) > (1,653) ttabel dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Persamaan regresi sederhana diperoleh Ŷ = 11,014 + 0,490X1 dan Ŷ = 11,980 + 0,462X2. Pengaruh harga dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan memperoleh hasil koefisien determinasi sebesar 29,8% dan 25,6% serta sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel ini.

Published
2022-10-20