Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas di Jakarta
Keywords:
Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, Intensi BerwirausahaAbstract
This study aims to determine the effect of entrepreneurship education and entrepreneurial motivation on entrepreneurial intentions in Jakarta State University students. The method used in this study is a survey method with the population in this study is the students of the State University of Jakarta. Sampling used purposive sampling technique and collected as many as 210 respondents. The data analysis technique used in this research is simple linear regression. Data analysis using SPSS version 22. The results of testing the hypothesis of this study indicate that: (1) there is a positive and significant effect between entrepreneurship education on entrepreneurial intentions, this is evidenced by the tcount value of 3.712 which is greater than the ttable value of 1.652 and the significance value of 0.000 which is smaller than 0.05. (2) there is a positive and significant influence between entrepreneurial motivation and entrepreneurial intentions, this is evidenced by the tcount value of 6.684 which is greater than the ttable value of 1.652 and the significance value of 0.000 which is smaller than 0.05.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei dengan populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Pengambilan sampel yang digunakan menggunakan teknik purposive sampling dan terkumpul sebanyak 210 responden. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Analisis data menggunakan SPSS versi 22. Hasil pengujian hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 3,712 yang lebih besar dari nilai ttabel 1,652 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi berwirausaha terhadap intensi berwirausaha, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 6,684 yang lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,652 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05.