Peran Kepercayaan Memediasi Pengaruh Pengalaman Terhadap Niat Menggunakan Kembali Aplikasi Pembayaran X di Jakarta
Keywords:
Experience, Trust, Intention to Reuse, Pengalaman, Kepercayaan, Niat Menggunakan KembaliAbstract
This study aims to explain the effect of user experience and trust on ShopeePay's re-use intention, and the role of trust in mediating the effect of experience on ShopeePay's re-use intention. This research was conducted in Jakarta. For a period of five months starting from February 2021 to June 2021. The research method used is a survey method with the population set as ShopeePay users who are domiciled in Jakarta. The sampling technique used was purposive sampling as many as 200 respondents. While the data analysis technique in this study uses path analysis. The results of this study indicate that experience has a positive and significant effect on the intention to reuse ShopeePay. Experience has a positive and significant influence on trust. Trust has a positive and significant influence on the intention to reuse ShopeePay. In addition, this study also shows that trust is positively and significantly able to mediate the effect of experience on the intention to reuse ShopeePay.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pengalaman dan kepercayaan pengguna terhadap niat menggunakan kembali ShopeePay, serta peran kepercayaan memediasi pengaruh pengalaman terhadap niat menggunakan kembali ShopeePay. Penelitian ini dilakukan di Jakarta. Selama kurun waktu lima bulan terhitung sejak bulan Februari 2021 sampai dengan Juni 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan populasi yang telah ditetapkan adalah pengguna ShopeePay yang berdomisili di Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 200 responden. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat menggunakan kembali ShopeePay. Pengalaman memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan. Kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat menggunakan kembali ShopeePay. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepercayaan secara positif dan signifikan mampu memediasi pengaruh pengalaman terhadap niat menggunakan kembali ShopeePay.