Pengaruh Consumer Ethnocentrism, Brand Image dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Produk Buatan Indonesia

  • Alisya Putri Universitas Negeri Jakarta
  • Ryna Parlyna Universitas Negeri Jakarta
  • Muhammad Yusuf Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Consumer Ethnocentrism, Brand Image, Product Knowledge, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh consumer ethnocentrism, brand image dan product knowledge terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di wilayah Jabodetabek selama enam bulan terhitung sejak Februari hingga Juli 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa metode survei. Populasi yang digunakan adalah konsumen produk buatan Indonesia di wilayah Jabodetabek. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 200 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan alat analisis IBM SPSS 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Consumer Ethnocentrism berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, 2) Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, 3) Product Knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

Published
2022-10-21