Bagaimana Peran Negara Asal, Kualitas Produk dan Citra Merek Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kosmetik Korea?
Keywords:
Country of Origin, Product Quality, Brand Image, Purchase DecisionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh negara asal, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik asal Korea Selatan. Data diperoleh melalui kuisioner secara purposive sampling kepada 200 responden pengguna kosmetik asal Korea Selatan di area Jabodetabek. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan hasil uji t menandakan jika negara asal, kualitas produk dan citra merek secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi < 0,05. Analisis koefisien determinasi pada variabel negara asal memiliki nilai R Square sebesar 0,507 atau 50,7% yang artinya variabel negara asal memiliki kemampuan menjelaskan keputusan pembelian sebesar 50,7% sedangkan 49,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Variabel kualitas produk memiliki nilai R Square sebesar 0,465 atau 46,5% yang artinya variabel kualitas produk memiliki kemampuan menjelaskan keputusan pembelian sebesar 46,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Pada variabel citra merek memiliki nilai R Square sebesar 0,631 atau 63,1% yang artinya variabel citra merek memiliki kemampuan untuk menjelaskan keputusan pembelian sebesar 63,1% sedangkan 36,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.