Pengaruh Promosi, Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Market Place X dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening

  • Dewi Probosini Universitas Negeri Jakarta
  • Nurdin Hidayat Universitas Negeri Jakarta
  • muhammad Yusuf Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Promosi, Brand Ambassador, Brand Image, Keputusan Pembelian, Tokopedia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, brand ambassador terhadap keputusan pembelian dan brand image sebagai variabel intervening pengguna Tokopedia pada masyarakat Jabodetabek. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih enam bulan dari Februari 2021 hingga Juli 2021. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode survei, yang dimana mencari tahu sesuai dengan kriteria tertentu dan disebarkan melalui google form. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah analisis SEM AMOS dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang dilibatkan adalah pengguna Tokopedia khusus pernah membeli di Tokopedia pada wilayah Jabodetabek sebanyak 200 responden. Hasil penelitian tersebut yaitu promosi, brand ambassador dan brand image secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara persial, variabel promosi, brand ambassador dan brand image berpengaruh positif dan signifikan.

Published
2022-10-21