Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention serta Dampaknya pada Purchase Decision: Studi pada Pengguna Layanan Online Food Delivery di Jakarta

  • Fikka Diaz Azzahra Universitas Negeri Jakarta
  • Suherman Universitas Negeri Jakarta
  • Mohamad Rizan Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Social Media Marketing, Brand Awareness, Purchase Intention, Purchase Decision, Online Food Delivery, Shopee Food

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui pengaruh sosial media marketing terhadap purchase intention,  2) untuk mengetahui pengaruh brand awareness terhadap purchase intention, 3) untuk mengetahui pengaruh purchase intention terhadap purchase decision, 4) untuk mengetahui pengaruh sosial media marketing terhadap decision, 5) untuk mengetahui pengaruh brand awareness terhadap purchase decision, 6) untuk mengetahui pengaruh sosial media marketing terhadap purchase decision melalui purchase intention sebagai variabel intervening, 7) untuk mengetahui pengaruh brand awareness terhadap purchase decision melalui purchase intention sebagai variabel intervening pada pengguna layanan online food delivery di Jakarta. Metode pengumpulan data menggunakan survei dengan instrumen berupa kuesioner. Sampel penelitian ini adalah 200 responden pengguna layanan Shopee food yang berdomisili di Jakarta yang pernah melakukan pembelian minimal 2 kali dalam kurun waktu 6 bulan terakhir dan mengetahui akun sosial media shopee food. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25 dan SEM (Structural Equation Model) dari software LISREL versi 8.8. untuk mengolah dan menganalisis data hasil penelitian. Hasil pengujian pada penelitian ini menunjukkan semua hipotesis memiliki pengaruh positif signifikan.

Published
2022-10-21