Pengaruh Kontrol Diri, Sosialisasi Orang Tua, dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Menabung Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.21009/jbmk.0302.18Keywords:
Financial Literacy, Parental Socialization, Saving Behavior, Self ControlAbstract
This study aims to analyze the effect of self-control, parental socialization, and financial literacy through financial attitudes on the saving behavior of SMK students. This study uses a quantitative approach with data collection methods in the form of a survey method conducted through the distribution of questionnaires. The sampling technique used was convenience sampling. This study used a sample of 263 respondents consisting of vocational students in Jabodetabek. The data analysis techniques used in this study were validity tests, reliability tests, model feasibility tests, and hypothesis testing using SPSS software version 25 and AMOS version 23. The results of hypothesis testing in this study showed that self-control, parental socialization, financial literacy, and financial attitudes have a positive and significant effect on saving behavior in vocational students. Financial attitudes can partially mediate the relationship between financial literacy and saving behavior. The results of this study can contribute to schools and parents in directing or instilling students in saving behaviour that is useful for the future of students and supports the Indonesian economy.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kontrol diri, sosialisasi orang tua, dan literasi keuangan melalui sikap keuangan terhadap perilaku menabung siswa SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa metode survei yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 263 responden yang terdiri dari siswa SMK di Jabodetabek. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji kelayakan model dan uji hipotesis dengan menggunakan software SPSS versi 25 dan AMOS versi 23. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa kontrol diri, sosialisasi orang tua, literasi keuangan, dan sikap keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung pada siswa SMK. Sikap keuangan bisa menjadi mediasi parsial hubungan literasi keuangan terhadap perilaku menabung. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pihak sekolah dan orang tua dalam mengarahkan ataupun menanamkan siswanya untuk melakukan perilaku menabung yang berguna bagi masa depan siswa dan mendukung perekonomian Indonesia.