Pengaruh Kepercayaan Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada Brand Skincare Lokal)

Authors

  • Esa Sekar Hastari Universitas Negeri Jakarta
  • Corry Yohana Universitas Negeri Jakarta
  • Terrylina Arvinta Monoarfa Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jbmk.0303.13

Keywords:

brand trust, product quality, customer satisfactiom, consumen loyalty, kepercayaan merek, kualitas produk, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen

Abstract

This study aims to examine the effect of brand trust and product quality on consumen loyalty
through customer satisfaction as an intervening variable for Something skincare brand in DKI
Jakarta. Data was collected using the purposive sampling method through questionnaires
which were distributed online using a Likert scale of 1-5. The samples collected were 220
respondents with the criteria of having purchased and used at least 3 Somethinc skincare
products in the last 6 months, aged over 17 years and domiciled in DKI Jakarta. Data
processing was carried out using SPSS version 25 software to test the validity and reliability.
Data analysis and hypothesis testing is using Amos software version 21. Based on the data that
has been analyzed, it can be seen that there is an influence between brand trust on customen
satisfaction, product quality on customer satisfaction, customer satisfaction on consumen
loyalty, brand trust on customer loyalty through customer satisfaction, product quality on
consumen loyalty through customer satisfaction, brand trust on consumen loyalty and product
quality on consumen loyalty.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan merek dan kualitas produk
terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening brand
skincare Somethinc di DKI Jakarta. Data dikumpulkan menggunakan metode purposive
sampling melalui kuesioner yang dibagikan secara daring menggunakan skala Likert 1-5.
Sampel yang dikumpulkan sebanyak 220 responden dengan kriteria pernah membeli dan
menggunakan skincare Somethinc sebanyak minimal 3 produk dalam 6 bulan terakhir, berusia
di atas 17 tahun dan berdomisili di DKI Jakarta. Pengolahan data dilakukan dengan software
SPSS versi 25 untuk menguji validitas dan reliabilitas. Analisis data dan uji hipotesis ini
menggunakan software Amos versi 21. Berdasakan data yang telah dianalisis, dapat diketahui
bahwa terdapat pengaruh antara kepercayaan merek terhadap kepuasan konsumen, kualitas
produk terhadap kepuasan konsumen, kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen,
kepercayaan merek terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen, kualitas produk
terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen, kepercayaan merek terhadap
loyalitas konsumen dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen.

Downloads

Published

2023-01-11