Pengaruh Iklan Media Sosial dan Selebriti Pendukung terhadap Niat Beli Produk Skincare Lokal di Instagram

Authors

  • Ghina Ardhillah Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
  • Corry Yohana Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Dewi Agustin Pratama Sari Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jbmk.0401.10

Keywords:

social media advertising, celebrity endorser, purchase intention

Abstract

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the effect of social media ads and celebrity endorsers on the purchase intention of local skincare products on Instagram. The population of this study was 200 people, and the sampling method used was stratified random sampling. This study uses multiple linear regression analysis methods. The results of the study show that social media advertising and celebrity endorsers have a significant positive effect on purchase intention, both separately and simultaneously. This has the implication that the better the social media advertising and the better the selebriti pendukung that someone feels, the person's buying interest will increase.

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari iklan media sosial dan selebriti pendukung terhadap niat beli produk skincare lokal di Instagram. Populasi dari penelitian ini adalah 200 orang, dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified  random  sampling. Penelitian  ini  menggunakan  metode  analisis  regresi  linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan media sosial dan selebriti pendukung memiliki pengaruh positif signifikan terhadap niat beli, baik secara terpisah maupun simultan. Hal ini memiliki implikasi bahwa semakin baik iklan media sosial dan semakin baik selebriti pendukung yang dirasakan seseorang, maka niat membeli seseorang akan semakin tinggi.

Downloads

Published

2023-05-03