Pengaruh Iklan Media Sosial dan Selebriti Pendukung terhadap Niat Beli Produk Skincare Lokal di Instagram
DOI:
https://doi.org/10.21009/jbmk.0401.10Keywords:
social media advertising, celebrity endorser, purchase intentionAbstract
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the effect of social media ads and celebrity endorsers on the purchase intention of local skincare products on Instagram. The population of this study was 200 people, and the sampling method used was stratified random sampling. This study uses multiple linear regression analysis methods. The results of the study show that social media advertising and celebrity endorsers have a significant positive effect on purchase intention, both separately and simultaneously. This has the implication that the better the social media advertising and the better the selebriti pendukung that someone feels, the person's buying interest will increase.
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari iklan media sosial dan selebriti pendukung terhadap niat beli produk skincare lokal di Instagram. Populasi dari penelitian ini adalah 200 orang, dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan media sosial dan selebriti pendukung memiliki pengaruh positif signifikan terhadap niat beli, baik secara terpisah maupun simultan. Hal ini memiliki implikasi bahwa semakin baik iklan media sosial dan semakin baik selebriti pendukung yang dirasakan seseorang, maka niat membeli seseorang akan semakin tinggi.