Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial, Kreativitas, dan Kecerdasan Emosional terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di Jakarta

  • Anisa Maharani
  • Corry Yohana Universitas Negeri Jakarta
  • Aditya Pratama Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pemanfaatan Media Sosial, Kreativitas, Kecerdasan Emosional, Minat Berwirausaha

Abstract

The purpose of this study is to ascertain the effect of social media utilization, creativity, and emotional intelligence on student’s entrepreneurship interest in Jakarta. The type of data used in quantitative. The sampling technique was purposive sampling to 150 respondents who were included in the research criteria. The data was obtained usimg a survey method with Likert Type. The data anlysis technique used is multiple linear regression analysis using SPSS version 25. Based on the test results, it was stated that the utilization of social media had a positive and significant effect on interest in entrepreneurship, creativity had a positive and significant effect on interest in entrepreneurship and emotional intelligence had a positive and significant effect on interest in entrepreneurship. The coefficient of determination in this study was 47,4% which showed the social media utilization, creativity and emtional intelligence on student’s entrepreneurship interest in Jakarta while unstudied additional factors affected the remainder.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media sosial, kreativitas, dan kecerdasan emosional terhadap minat berwirausaha mahasiswa di Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling kepada 150 responden yang termasuk kedalam kriteria penelitian. Data didapatkan menggunaka metode survei dan instrumen kuesioner dengan skala likert. Dengan teknik analisis regresi linear berganda menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25.0. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dinyatakan bahwa pemanfaatan media sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, kreativitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha serta kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Koefisien determinasi pada penelitian ini adalah 48,5% yang menunjukkan pemanfaatan media sosial, kreativitas dan kecerdasan emosional memengaruhi minat berwirausaha, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.

Published
2023-01-11