Pengaruh Literasi Keuangan, Stress Keuangan, dan Toleransi Risiko terhadap Kepuasan Keuangan Generasi Milenial di Jakarta Pada Pengguna Dompet Digital

  • Amalia
  • Agung Dharmawan Buchdadi Universitas Negeri Jakarta
  • Destria Kurnianti Universitas Negeri Jakarta
Keywords: financial literacy, financial stress, risk tolerance, financial satisfaction, digital wallet

Abstract

ABSTRACT

This study empirically tests the effect of financial literacy, financial stressors, and risk tolerance on the financial satisfaction of the millennial generation in Jakarta using digital wallets. The data analysis method in this study uses Partial Least Square - Structural Equation. This study used a sample of 130 respondents. The data collection technique in this study used a questionnaire distributed to the millennial generation in Jakarta. The results of this study indicate that there is a positive and significant relationship between financial literacy and financial satisfaction, then there is an insignificant relationship between financial stress and financial satisfaction, and between risk tolerance and financial satisfaction in the millennial generation in Jakarta digital wallet users.

 

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh financial literacy, financial stressor, dan risk tolerance terhadap financial satisfaction generasi millennial di Jakarta pengguna dompet digital. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least SquareStructural Equation. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 130 responden. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner yang disebar pada generasi milenial di Jakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara literasi keuangan dan kepuasan keuangan, lalu tidak terdapat hubungan signifikan antara stress keuangan dan kepuasan keuangan, dan antara toleransi risiko dan kepuasan keuangan pada generasi milenial di Jakarta pengguna dompet digital.

Published
2023-05-03