Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Bidang Kuliner di Kecamatan Koja
DOI:
https://doi.org/10.21009/jbmk.0401.22Keywords:
Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing.Abstract
ABSTRACT
The purpose of this study is to determine the effect of the influence of entrepreneurial orientation and product innovation on the competitive advantage of MSMEs in the Culinary Sector in Koja District. This research is causal associative research with a quantitative approach and uses a survey method. The population in this study is MSMEs in Koja District. The sampling technique used purposive sampling technique so that the population in this study was 998 MSMEs and the sample was 148 MSMEs. The data analysis technique used in this study uses Structural Equation Modelling Partial Least Squares (SEM-PLS) which is calculated using SmartPLS software version 3.3.9. The results of this study indicate that Entrepreneurship Orientation has a positive and significant effect on competitive advantage and product innovation has a positive and significant effect on competitive advantage.
Keywords: Entrepreneurship Orientation, Product Innovation, Competitive Advantage
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing UMKM bidang kuliner di Kecamatan Koja. Penelitian ini merupakan penelitian berbentuk asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif dan memakai metode survey. Populasi pada penelitian ini merupakan UMKM di Kecamatan Koja. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga populasi dalam penelitian ini sebanyak 998 UMKM serta sampel berjumlah 148 UMKM. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling Partial Least Squares (SEM-PLS) yang dihitung menggunakan software SmartPLS versi 3.3.9. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keugulan bersaing dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keugulan bersaing.
Kata kunci: Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing.