Pengaruh Online Consumer Reviews dan Promosi Menggunakan Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian

Authors

  • Mega Sri Wahyuningrum Universitas Negeri Jakarta
  • Ika Febrilia Universitas Negeri Jakarta
  • Nadya Fadillah Fidhyallah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jbmk.0402.04

Keywords:

Online Consumer Reviews, Promosi Menggunakan Media Sosial Tiktok, Keputusan Pembelian

Abstract

Tiktok menjadi aplikasi yang banyak digemari masyarakat. Karena, bisa menjadi media hiburan, media informasi, media promosi, dsb. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh positif dan signifikan antara online consumer reviews terhadap keputusan pembelian, (2) mengetahui pengaruh positif dan signifikan antara promosi menggunakan media sosial Tiktok terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini merupakan para pengguna media sosial Tiktok se-Jabodetabek. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear sederhana dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 213 responden se-Jabodetabek. Analisis data menggunakan IBM SPSS Statistics versi 22. Hasil dari uji analisis data diperoleh data terdistribusi normal dan memiliki hubungan yang linear. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara online consumer reviews terhadap keputusan pembelian dan terdapat pengaruh antara promosi menggunakan media sosial Tiktok terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Published

2024-02-17