Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada E-Commerce Shopee
DOI:
https://doi.org/10.21009/JBMK.005.1.1Keywords:
Kualitas pelayanan,harga, e-commerce, shopee, kepuasan konsumenAbstract
ABSTRAK
Riset ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen yang memanfaatkan platform e-commerce Shopee. Penelitian ini mengambil sampel dari responden yang merupakan generasi Z di Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 generasi Z di Solok Selatan yang pernah berbelanja di Shopee atau memiliki aplikasi Shopee dalam lima tahun terakhir. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen karena memiliki nilai signifikansi (t hitung<0,05).Temuan dari pengujian F menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen, yang dinyatakan dengan nilai F yang kurang dari 0,05