Pengaruh Literasi Keuangan dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Penggunaan Shopeepay pada Mahasiswa/i D4 Dan S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Jakarta

Authors

  • Atika Siti Hajar UNJ
  • Angella Priyatna
  • Gemah Putri Djaelani
  • Nabila Ramadhanti

DOI:

https://doi.org/10.21009./JBMK.005.1.5

Keywords:

Adoption of e-wallet, Financial Literacy, keputusan penggunaan, shopeepay, literasi keuangan, kemudahan penggunaan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan penggunaan ShopeePay di kalangan mahasiswa/i D4 dan S1Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Jakarta. Penelitian mengaplikasikan pendekatan kuantitatif melalui pendekatan survei yang melibatkan 151 responden yang dipilihsecara purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner daring dadianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan kemudahan penggunaan secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan ShopeePay. Literasi keuangan meningkatkan kemampuan mahasiswa/i dalam mengelola keuangan dan membuat keputusan finansial yang bijak, sedangkan kemudahan penggunaan meningkatkan kenyamanan dan efisiensi dalam adopsi teknologi finansial. Variabel independen dalam penelitian ini dapat menjelaskan 35,6% dari variabilitas keputusan penggunaan ShopeePay, adapun sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dengan mendukung literatur terkait adopsi teknologi finansial dan manfaat praktis dalam pengembangan strategi pemasaran serta edukasi keuangan bagi penyedia layanan dompet digital. Studi lebih lanjut dianjurkan untuk menggali faktor-faktor lain yang memengaruhi keputusan penggunaan layanan keuangan digital.

Downloads

Published

2024-12-24