Mengevaluasi Purchase Decision Dan Customer Satisfaction: Studi Kasus Pada Salah Satu Program Online Travel Agent (OTA)

Authors

  • Adinda Ravianty Syam Universitas Negeri Jakarta
  • Usep Suhud Universitas Negeri Jakarta
  • Meta Bara Berutu Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009./JBMK.005.2.01

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh key opinion leader, price perception dan perceived ease of use terhadap purchase decision dan customer satisfaction pada studi kasus salah satu program online travel agent (OTA). Penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) untuk kuantifikasi. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Karakteristik sampel penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli tiket wisata pada program Traveloka Xperience di situs Traveloka dengan berjenis kelamin laki-laki dan perempuan serta berdomisili di DKI Jakarta. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS dan AMOS versi 26 dan sampel yang dipilih untuk menguji  semua  variabel  sebanyak  200 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa key opinion leader tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction dan purchase decision. Price perception dan perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision. Perceived ease of use tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. Sedangkan purchase decision berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction.

Kata kunci: Key Opinion Leader, Price Perception, Perceived Ease Of Use, Purchase Decision, Customer Satisfaction

Downloads

Published

2025-01-17