https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jbmk/issue/feed Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan 2024-04-09T12:07:13+07:00 Titis Fatarina Mahfirah, S.E., M.S.M titisfatarinamahfirah@unj.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Jurnal Bisnis, Manajemen dan Keuangan is a journal in the field of management which is published by the Faculty of Economics, Universitas Negeri Jakarta, and has been registered on &nbsp;<a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1592808557&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">E-ISSN 2722-9742</a> since June 2020. This journal publishes business, <a title="pafimemet.org" href="https://pafimemet.org/" target="_blank" rel="noopener">pafimemet.org</a> management, and finance articles on the key aspects of planning, managing resources, control, and motivation. <span class="Y2IQFc" lang="en">Previously this journal was published twice a year. By 2021 the number of publications is 3 issues per year.</span></p> <p style="text-align: justify;">&nbsp;</p> <p><strong>Secretariat:</strong><br>Kompleks Universitas Negeri Jakarta. Gedung M, Kampus A Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka Jakarta Timur 13220 Telp. 021-4721227 E-mail: jbmk@unj<a title="pafimemet.org" href="https://pafimemet.org/" target="_blank" rel="noopener">.</a>ac<a title="dajjal.us" href="https://dajjal.us/" target="_blank" rel="noopener">.</a>id</p> https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jbmk/article/view/38597 Akuntabilitas dan Kinerja: Telaah pada Program Dana Desa 2024-02-21T06:25:59+07:00 Ratna Anggraini r.anggrainizr_unj@yahoo.com <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>ABSTRACT</em></p> <p>&nbsp;</p> <p>Currently several countries are shifting of their development program from urban-centred development and are now starting to be engaged in rural development. As developing country, the Indonesian government support the sustainable development program issue Village Regulation in 2014 focus more on development from rural areas. This Program is named the Village Fund Program (VFP), which began in 2015. This study aims to determine the accountability achievements in VFP implementation in Indonesian government,explore obstacles, and find solutions by gathering opinions from interested parties. This research will be conducted using a qualitative method, with archival research from published data has been used to evaluate program accountability function and implementation in VFP and its impact on social welfare. The results of the showed that accountability has an important function. However, in its implementation, it must be improved to provide an optimal effect on VFP implementation since there are several issues in accountability implementation. This study is expected to improve the implementation of the VFP, particularly in the accountability process and to measure program performance.</p> <p>&nbsp;Keywords: Village Fund Program (VFP), accountability, performance.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Sejumlah negara didunia mencanangkan program pembangunan berkelanjutan dengan fokus pembangunan dari pembangunan yang berpusat pada perkotaan menuju fokus pembangunan pedesaan. Sebagai negara berkembang, pemerintah Indonesia mendukung program pembangunan berkelanjutan dengan mengeluarkan Peraturan Desa pada tahun 2014 yang lebih fokus pada pembangunan dari pedesaan. Program ini diberi nama Program Dana Desa (PDD) yang dimulai pada tahun 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian akuntabilitas implementasi PDD pemerintahan Indonesia , menelusuri kendala-kendala yang ada dan. &nbsp;memberikan solusi untuk meningkatkan pencapaian PDD.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan penelitian arsip dari data yang dipublikasikan oleh pihak-pihak yang kompeten seperti laporan BPK, Data dari BPS dll, untuk mengevaluasi fungsi akuntabilitas program dan implementasi di PDD serta dampaknya terhadap kesejahteraan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas mempunyai fungsi yang penting dan dilaksanakan dengan baik. Namun demikian dalam implementasinya masih perlu ditingkatkan agar memberikan efek optimal pada implementasi PDD. Kajian ini diharapkan dapat meningkatkan implementasi PDD, khususnya dalam proses akuntabilitas dan pengukuran kinerja program.</p> <p><em>Kata Kunci:</em> Program Dana Desa (PDD), akuntabilitas, kinerja.</p> <p><em>&nbsp;</em></p> 2023-09-10T15:12:55+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jbmk/article/view/34350 Pengaruh Service Quality, Brand Trust dan Customer Satisfaction terhadap Loyalty pada Pengguna Jasa Pembayaran Online 2024-02-21T06:25:55+07:00 Sandy Oktavian sandyoktavian17@gmail.com Usep Suhud usuhud@unj.ac.id Ika Febrilia ikafebrilia@unj.ac.id <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>T</em><em>he purpose of this study is to test whether brand reputation and transaction safety have a positive effect on brand trust. And to test service quality, brand trust, and customer satisfaction have a positive effect on customer loyalty for users of Lazada online shop pay later services. The data collection method used a survey method with the instrument in the form of a questionnaire. The object of this research is 240 respondents who have used the Lazada application service. Technical data analysis using SEM to process and analyse research data. The results of the study show that: 1) service quality has a positive effect on customer loyalty; 2) customer satisfaction has a positive effect on customer loyalty. 3) brand reputation has a positive effect on brand trust; 4) transaction safety has a positive effect on brand trust; 5) brand trust has a positive effect on customer loyalty</em><em>.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><strong><em>: </em></strong><strong><em>Brand</em></strong><strong> <em>Reputation, Transaction Safety,</em> <em>Service Quality, </em></strong><strong><em>Brand Trust</em></strong><strong><em>, Customer Satisfaction, Customer Loyalty</em></strong><strong><em>.</em></strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah <em>brand</em> <em>reputation </em>dan<em> transaction safety </em>berpengaruh positif terhadap<em> brand trust. </em>Dan untuk menguji<em> service quality, brand trust </em>dan<em> customer satisfaction</em> berpengaruh positif terhadap<em> customer loyalty </em>bagi pengguna jasa <em>pay later online shop </em>Lazada. Metode pengumpulan data menggunakan metode <em>survey </em>dengan instrument berupa kuesioner. Objek penelitian ini adalah 240 responden yang sudah menggunakan layanan aplikasi Lazada. Teknis analisis data menggunakan SEM untuk mengolah dan menganalisis data hasil penelitian<em>. </em>Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) <em>service quality</em> berpengaruh positif terhadap <em>customer loyalty</em>; 2) <em>customer satisfaction</em> berpengaruh positif terhadap <em>customer loyalty</em>. <em>3) brand reputation</em> berpengaruh positif terhadap <em>brand</em> <em>trust;</em> 4) <em>transaction safety</em> berpengaruh positif terhadap <em>brand</em> <em>trust;</em> 5) <em>brand trust</em> berpengaruh positif terhadap <em>customer loyalty</em>.<em>.</em></p> <p><strong>Kata kunci: </strong><strong><em>Brand</em></strong><strong> <em>Reputation, Transaction Safety,</em> <em>Service Quality</em></strong><strong><em>, </em></strong><strong><em>Brand Trust</em></strong><strong><em>, </em></strong><strong><em>Customer Satisfaction, Customer Loyalty</em></strong></p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> 2023-09-10T17:50:13+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jbmk/article/view/34380 Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kepuasan Kerja dengan Pemberdayaan Psikologis sebagai Variabel Mediasi pada Guru SMK Swasta di Kota Bekasi 2024-04-09T11:45:47+07:00 Reftina Muktia tiaaroliana@gmail.com Widya Parimita widya_parimita@unj.ac.id Sholatia Dalimunthe tiadalimunthe@unj.ac.id <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>A school is a formal institution established by the government to serve as a platform for the perpetuation of the educational system. This research aims to investigate the impact of transformational leadership on job satisfaction among Private Vocational School Teachers in Bekasi City, with psychological empowerment as a mediator. The study employed a descriptive survey methodology, utilizing a sample of 104 participants selected from a population of 189 individuals. The investigator opted to employ a path analysis framework to evaluate the conjecture</em><em>. </em><em>Based on the </em><em>result, </em><em>it can be inferred that the variables of transformational leadership exert an impact on job satisfaction, whereby psychological empowerment serves as a mediating variable that operates indirectly.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: <strong>transformational leadership, psychological empowerment, job satisfaction.</strong></em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Sekolah adalah lembaga formal yang didirikan oleh pemerintah sebagai wadah untuk melanggengkan sistem pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja pada Guru SMK Swasta di Kota Bekasi, dengan pemberdayaan psikologis sebagai mediatornya. Studi ini menggunakan metodologi survei deskriptif, menggunakan sampel 104 peserta yang dipilih dari populasi 189 orang. Penyidik ​​memilih untuk menggunakan kerangka kerja analisis jalur untuk mengevaluasi dugaan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa variabel kepemimpinan transformasional berpengaruh terhadap kepuasan kerja, dimana pemberdayaan psikologis berfungsi sebagai variabel mediasi yang bekerja secara tidak langsung.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: <strong>kepemimpinan transformasional, pemberdayaan psikologis, dan kepuasan kerja. </strong></p> 2023-09-23T10:53:57+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jbmk/article/view/40114 Pengaruh Online Consumer Reviews dan Promosi Menggunakan Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian 2024-04-09T11:45:25+07:00 Mega Sri Wahyuningrum megasriwahyuningrum@gmail.com Ika Febrilia ikafebrilia@unj.ac.id Nadya Fadillah Fidhyallah nadyaffidhyallah@unj.ac.id <p>Tiktok menjadi aplikasi yang banyak digemari masyarakat. Karena, bisa menjadi media hiburan, media informasi, media promosi, dsb. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh positif dan signifikan antara <em>online consumer reviews </em>terhadap keputusan pembelian, (2) mengetahui pengaruh positif dan signifikan antara promosi menggunakan media sosial Tiktok terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini merupakan para pengguna media sosial Tiktok se-Jabodetabek. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear sederhana dengan pengambilan sampel menggunakan <em>purposive sampling</em> dengan sampel sebanyak 213 responden se-Jabodetabek. Analisis data menggunakan IBM SPSS<em> Statistics</em> versi 22. Hasil dari uji analisis data diperoleh data terdistribusi normal dan memiliki hubungan yang linear. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara <em>online consumer reviews </em>terhadap keputusan pembelian dan terdapat pengaruh antara promosi menggunakan media sosial Tiktok terhadap keputusan pembelian.</p> 2024-02-17T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jbmk/article/view/34934 Persepsi Tentang Daya Tarik Iklan dan Pengaruhnya Pada Brand Exposure Produk Mie Instan 2024-04-09T11:41:41+07:00 Harits Ikbar haritsikbar123@gmail.com Faza Ruziqyani Firdausa fruziqyanif@gmail.com Fidelia Syamilah fisya02@gmail.com Muhammad Vicky Abillah mvickyabdillah92@gmail.com Vira Deyana Cindy viradeyanacindyy@gmail.com <p><em>This study aims to examine consumer perceptions of the attractiveness of Instant Noodle advertisements and their effect on brand exposure. The method used was quantitative by distributing questionnaires to 136 respondents who had experience buying and consuming Instant Noodles. Data taken using Partial Least Square analysis. The results showed that consumer perception of advertising attractiveness has a significant positive influence on brand exposure. The managerial implication of this study is that companies should consider the attractiveness of advertising in their marketing strategy, and also pay attention to other factors that can affect brand exposure.</em></p> <p><strong><em>Keyword: Advertising, Brand Exposure, Instant Noodles</em></strong></p> 2024-03-31T00:14:36+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jbmk/article/view/30544 Determinan Cash Holding Pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2024-04-09T11:45:17+07:00 M. Nevina margarethanevina@gmail.com Anandha Sartika Putri anandhasartika@darmajaya.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh faktor-faktor penentu <em>cash holding</em><em>.</em> Penelitian ini berfokus pada perusahaan BUMN Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2020. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan data panel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa <em>leverage</em> berpengaruh negatif signifikan terhadap <em>cash holding</em> dan <em>growth opportunity </em>berpengaruh positif signifikan terhadap <em>cash holding</em>.</p> 2024-03-31T17:32:51+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jbmk/article/view/31972 Pengaruh Pengembangan Karir dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi PT. X 2024-04-09T11:50:06+07:00 Ayu Yulfika Dewi ayuyulfika08@gmail.com Sholikhah Sholikhah@Unj.ac.id Suherman suherman@unj.ac.id <p><strong>ABSTRACT</strong></p> <p><em>The purpose of this research are </em>: To find out 1) the effect of career development on organizational commitment at PT X, 2) the effect of job satisfaction on organizational commitment at PT X and 3) the simultaneously effect of career development and job satisfaction on organizational commitment at PT X,. This study used the <em>Statistical Package for The Social Sciences</em> (SPSS) method to analyze the data. The research model used in this study uses descriptive and <em>explanatory</em>. This research was conducted on 121 employees of PT X with <em>probability sampling technique</em>. The data collection technique used survey method, namely distributing questionnaires which were then processed using the SPSS 23.0 program<em>. </em>The results obtained from the regression indicate that there is a significant positive effect between career development on organizational commitment, and the significant influence between job satisfaction on organizational commitment and, career development and job satisfaction together have a significant influence on organizational commitment at PT X</p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>:<strong> career development, job satisfaction, organizational commitment</strong></em></p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p>ABSTRAK</p> <p>Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui 1) pengaruh pengembangan karir terhadap komitmen organisasi pada PT X, 2) pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi pada PT X dan 3) pengaruh secara simultan dari pengembangan karir dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi pada PT X,. Penelitian ini dengan metode <em>Statistic Package for The Social Sciences</em> (SPSS) untuk menganalisis data. Model penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan <em>explanatory</em>. Penelitian ini dilakukan terhadap 121 karyawan PT X dengan teknik <em>nonprobability sampling</em>. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei yaitu menyebarkan kuisioner yang kemudian diolah dengan progam SPSS 23.0<em>. </em>Hasil yang didapatkan dari regresi menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif signifikan antara pengembangan karir terhadap komitmen organisasi dan pengaruh dan signifikan antara kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi dan pengembangan karir dan kepuasan kerja bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi pada PT X</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci : Pengembangan Karir, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi</strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> 2024-03-31T20:58:32+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jbmk/article/view/31510 Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness dan Satisfaction terhadap Continuance Intention Pengguna Aplikasi Food Delivery Saat Pandemi 2024-04-09T11:57:51+07:00 Fahrizal fahrizalsn@gmail.com Suherman suherman@unj.ac.id Ika Febrilia ikafebrilia@unj.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui deskripsi atau gambaran dari Pengaruh <em>Perceived Ease Of Use</em>, <em>Perceived Usefulness </em>dan <em>Satisfaction</em> Terhadap <em>Continuance Intention</em> Pengguna Aplikasi <em>Food Delivery</em> Saat Pandemi. 2) Untuk mengetahui pengaruh secara positif variabel <em>perceived ease of use</em> terhadap variabel <em>perceived usefulness</em> pada aplikasi <em>food delivery</em><em>. </em>3) Untuk mengetahui pengaruh secara positif variabel <em>perceived ease of use</em> terhadap variabel <em>satisfaction</em> pada aplikasi <em>food delivery</em><em>. </em>4) Untuk mengetahui pengaruh secara positif variabel <em>perceived </em><em>usefulness</em> terhadap variabel <em>satisfaction </em>pada aplikasi <em>food delivery</em><em>. </em>5) Untuk mengetahui pengaruh secara positif variabel <em>satisfaction</em> terhadap variabel <em>continuance intention </em>pada aplikasi <em>food delivery</em><em>. </em>6) Untuk mengetahui pengaruh secara positif variabel <em>perceived ease of use</em> terhadap variabel <em>continuance intention </em>pada aplikasi <em>food delivery</em><em>. </em>7) Untuk mengetahui pengaruh secara positif variabel <em>perceived usefulness</em> terhadap variabel <em>continuance intention </em>pada aplikasi <em>food delivery</em><em>. </em>Objek penelitian ini adalah pengguna aplikasi <em>food delivery </em>yang berusia minimal 17 tahun dan telah bertransaksi setidaknya 3 kali dalam kurun waktu Juli 2022 sampai Agustus 2022 yang bertempat tinggal di Jakarta.</p> 2024-04-05T13:21:58+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jbmk/article/view/31706 Pengaruh Pengembangan Karir dan Motivasi Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior di Karyawan PT Sharp Semiconductor Indonesia 2024-04-09T12:03:43+07:00 Satrio Senoaji satriosenoaji@gmail.com Dewi Susita dewisusita_man@unj.ac.id Christian Wiradendi Wolor christianwiradendi@unj.ac.id <p><em>The purpose of this research are as follows: 1) To find out the description or description of career development, work motivation, compensation, Organizational Citizenship Behavior (OCB) on employees of PT Sharp Semiconductor Indonesia. 2) To determine the effect of career development on Organizational Citizenship Behavior (OCB) on employees of PT Sharp Semiconductor Indonesia. 3) To determine the effect of work motivation on Organizational Citizenship Behavior (OCB) on employees of PT Sharp Semiconductor Indonesia. 4) To determine the effect of career development and work motivation simultaneously on Organizational Citizenship Behavior (OCB) on employees of PT Sharp Semiconductor Indonesia. To determine the effect of career development and work motivation on Organizational Citizenship Behavior at PT. Sharp Semiconductor Indonesia, this research was conducted on 452 employees at PT. Sharp Semiconductor Indonesia, using a sample of 82 employees. The study uses a quantitative approach using causal explanatory research methods that aim to explain how a certain variable can affect or cause changes to other variables. The data collection technique used in this study was through a survey method by distributing questionnaires, which then the data obtained would be processed using the SmartPLS version 3 software.</em></p> <p><strong>Keywords: Career Development, Work Motivation, Organizational Citizenship Behaviour</strong></p> <p>Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1)&nbsp; Untuk mengetahui gambaran atau deskripsi dari pengembangan karir, motivasi kerja, kompensasi, <em>Organizational Citizenship Behavior</em> (OCB) pada karyawan PT Sharp Semiconductor Indonesia. 2) Untuk mengetahui pengaruh pengembangan karir terhadap <em>Organizational Citizenship Behavior</em> (OCB) pada karyawan PT Sharp Semiconductor Indonesia. 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap <em>Organizational Citizenship Behavior</em> (OCB) pada karyawan PT Sharp Semiconductor Indonesia. 4) Untuk mengetahui pengaruh pengembangan karir dan motivasi kerja secara simultan terhadap <em>Organizational Citizenship Behavior</em> (OCB) pada karyawan PT Sharp Semiconductor Indonesia. Untuk mengetahui pengaruh Pengembangan karir dan Motivasi kerja terhadap <em>Organizational Citizenship Behavior</em> pada PT. Sharp Semiconductor Indonesia, penelitian ini dilakukan kepada 452 karyawan pada PT. Sharp Semiconductor Indonesia, dengan penggunaan sampel sebanyak 82 karyawan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode riset eksplanatoris kausal yang bertujuan untuk menjelaskan bagaimana suatu variable tertentu bisa mempengaruhi atau menyebabkan perubahan kepada variable – variable lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui metode survei dengan penyebaran kuesioner, yang kemudian data yang didapatkan akan diolah menggunakan peranti lunak SmartPLS versi 3.</p> <p><strong>Kata kunci : Pengembangan Karir, Motivasi Kerja, <em>Organizational Citizenship Behaviour</em></strong></p> 2024-04-05T19:54:07+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jbmk/article/view/30884 Pengaruh Digital Marketing dan User Experience Terhadap Keputusan Penggunaan Gojek Melalui Brand Image 2024-04-09T12:07:13+07:00 Muflih Iskandar muflihiskandar@gmail.com Basrah Saidani basrah-saidani@unj.ac.id Shandy Aditya Shandy@unj.ac.id <p><em><span style="font-weight: 400;">The purpose of this study was to determine 1) the effect of digital marketing on usage decisions, 2) the influence of user experience on usage decisions, 3) the infIuence of digitaI marketing on brand image, 4) the infIuence of user experience on brand image, 5) the influence of brand image on usage decisions. , 6) infIuence of digitaI marketing on usage decisions through brand image, 7) infIuence of user experience on usage decisions through brand image. The study was conducted on 200 Gojek users in Jakarta who have used Gojek for at Ieast one year, using the SEM method and AMOS tooIs. The resuIts show that 1) digitaI marketing has a significant and positive effect on usage decisions, 2) user experience has a significant and positive effect on usage decisions, 3) digitaI marketing has a significant and positive effect on brand image, 4) user experience significantly and positive effect on brand image, 5) brand image has a significant and positive effect on usage decisions, 6) digitaI marketing has a significant and positive effect on usage decisions through brand image, 7) user experience has a significant and positive effect on usage decisions through brand image<br></span></em></p> 2024-04-05T22:34:39+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan