EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN DI SDN MODEL BANYUWANGI
DOI:
https://doi.org/10.21009/jgg.082.01Kata Kunci:
Program Adiwiyata, Sekolah Peduli Lingkungan, PenilaianAbstrak
Pendidikan lingkungan hidup merupakan alternatif upaya yang dilakukan untuk menanamkan karakter peduli lingkungan pada usia dini. Pendidikan lingkungan hidup dapat diberikan melalui program Adiwiyata. Penelitian dilakukan untuk mengevaluasi penyelenggaraan program Adiwiyata dalam mewudujkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan di SDN Model Banyuwangi. Jenis penelitian adalah penelitian observasional yang dilakukan pada 20 & 22 April 2019 di SDN Model Banyuwangi. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data didapatkan dari dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data dilakukan melalui proses pengumpulan, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penilaian penyelenggaraan Adiwiyata di SDN Model Banyuwangi berdasarkan komponen adiwiyata yang tercantum dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup nomor 05 tahun 2013. Indikator evaluasi dalam penelitian ini terdiri dari 4 komponen yaitu kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Hasil penilaian menunjukkan bahwa SDN Model Banyuwangi termasuk dalam kategori sekolah adiwiyata mandiri berdasarkan capaian nilai yang diperoleh dan jumlah binaan sekolah yang telah memenuhi persyaratan namun terdapat hambatan yaitu sarana biopori yang tidak difungsikan secara optimal dan berkurangnya fasilitas ruang kelas sebagai tempat hasil kreasi siswa. Saran kedepannya adalah hasil kreasi siswa dapat diletakkan di masing-masing kelas maupun di lorong sekolah.