Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Selama Masa Pandemi Covid-19 di PT. Kao Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.21009/jgg.v13i1.06Kata Kunci:
kompetensi, motivasi, kepuasan kerjaAbstrak
PT KAO Indonesia adalah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang manufaktur dan distribusi produk konsumsi yang secara garis besar dikelompokkan dalam 3 kategori sebagai berikut: Health & Beauty, Hygiene & Living dan Baby Diapers. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian yang datanya berupa angka dan digunakan untuk mengukur sebuah subjek atau objek penelitian. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjelaskan pengaruh kompetensi dan motivasi terhadap kepuasan kerja yang berdampak pada kinerja selama masa pandemi covid-19. Hasil penelitian dari analisis pengaruh langsung maupun tidak langsung pada variabel kompetensi dan motivasi terhadap kepuasan kerja yang berdampak pada kinerja selama masa pandemi covid-19 di PT. KAO Indonesia maka dapat disimpulkan yaitu sebagai berikut : 1. Pada variabel penelitian kompetensi dan motivasi dalam mempengaruhi kinerja dinyatakan bahwa signifikan dengan nilai 0,000 dalam uji simultan F dikatakan dapat mempengaruhi. 2. Variabel Kompetensi memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan kerja hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi dengan nilai 0,000 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,367. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis pertama diterima. 3. Variabel Motivasi memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan kerja hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi dengan nilai 0,000 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,401. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis kedua diterima.