MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE DI MAN 3 JAKARTA

Authors

  • Hanum Suroyya MAN 3 Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JKKP.022.02

Keywords:

Hasil belajar, Hidrosfer, Metode Picture and Picture

Abstract

Tujuan  penelitian  tindakan  kelas  ini adalah untuk  meningkatkan  hasil belajar geografi  melalui metode  picture  and  picture  pada  siswa  kelas  X MAN 3 Jakarta Tahun Pelajaran 2014-2015. Penelitian   ini  dilaksanakan   dalam  dua  siklus.  Masing-masing  siklus  terdiri  dari  tiga  kali pertemuan  tatap  muka  melalui  tahapan  perencanaan,  pelaksanaan  tindakan,  observasi  dan refleksi.  Subjek  penelitian  adalah  40  siswa  kelas  X-5.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa metode  picture  and  picture  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran geografi  materi  hidrosfer.  Kondisi  awal  sebelum  dilakukan  penelitian  tindakan  kelas,  siswa yang tuntas  hanya 18 orang dari 40 siswa atau 45%. Pada siklus 1 ditemui peningkatan hasil belajar hidrosfer menjadi 26 siswa yang tuntas atau 65%. Pada siklus 2 ketuntasan meningkat menjadi  35  siswa  atau 88%. Kesimpulan  penelitian tindakan kelas  ini adalah metode  picture and  picture dapat  meningkatkan  hasil belajar hidrosfer pada siswa kelas  X-5 MAN 3 Jakarta. Ketercapaian  ketuntasan  hasil  belajar  hidrosfer  dari  pra  siklus  ke  siklus  1  sebesar  44% sedangkan  dari  siklus  1  ke  siklus  2  sebesar  35%.  Peningkatan  ketuntasan  hasil  belajar geografi   secara  keseluruhan  dari  pra  siklus  ke  siklus  2  sebesar  43%.   Selain  itu,  hasil pengamatan pembelajaran dengan penerapan metode picture and picture dapat menumbuh- kembangkan  rasa  ingin  tahu,  sikap  dan  tindakan  yang  selalu  berusaha  untuk  mengetahui secara mendalam  dan luas dari apa yang dipelajari,  dilihat dan didengar.

Downloads

Published

2015-10-12