MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE DI MAN 3 JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21009/JKKP.022.02Keywords:
Hasil belajar, Hidrosfer, Metode Picture and PictureAbstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar geografi melalui metode picture and picture pada siswa kelas X MAN 3 Jakarta Tahun Pelajaran 2014-2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan tatap muka melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas X-5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi materi hidrosfer. Kondisi awal sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas, siswa yang tuntas hanya 18 orang dari 40 siswa atau 45%. Pada siklus 1 ditemui peningkatan hasil belajar hidrosfer menjadi 26 siswa yang tuntas atau 65%. Pada siklus 2 ketuntasan meningkat menjadi 35 siswa atau 88%. Kesimpulan penelitian tindakan kelas ini adalah metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar hidrosfer pada siswa kelas X-5 MAN 3 Jakarta. Ketercapaian ketuntasan hasil belajar hidrosfer dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 44% sedangkan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 35%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar geografi secara keseluruhan dari pra siklus ke siklus 2 sebesar 43%. Selain itu, hasil pengamatan pembelajaran dengan penerapan metode picture and picture dapat menumbuh- kembangkan rasa ingin tahu, sikap dan tindakan yang selalu berusaha untuk mengetahui secara mendalam dan luas dari apa yang dipelajari, dilihat dan didengar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY SA