PENGARUH SUMBER BELAJAR DALAM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • Septi Mulyanti Siregar PKK UNJ
  • Tarma Tarma PKK UNJ
  • Shinta Doriza PKK UNJ
Keywords: sumber belajar, keluarga, hasil belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui  pengaruh sumber belajar dalam keluarga terhadap hasil  belajar  mata  pelajaran  prakarya  pada  siswa  kelas  VIII di  SMP  Negeri  2 Bogor.  Penelitian  ini dilakukan di SMP Negeri 2 Bogor pada bulan Maret  - Mei 2015 menggunakan metode survei dengan pendekatan  korelasi.  Adapun  jumlah  sampel  sebanyak  177  orang  yang  terbagi  dalam  lima  kelas dengan   menggunakan   teknik   simple  random   sampling.   Variabel   independen   penelitian  ini  yaitu sumber belajar dalam  keluarga dan variabel dependen yaitu hasil belajar prakarya.  Data hasil belajar didapat  dari  dokumentasi  hasil  rata-rata ulangan harian siswa yang merupakan  data sekunder.  Data sumber  belajar  dalam  keluarga  didapat  melalui  kuesioner  yang  diisi  oleh  respon den.  Data  tersebut kemudian  diuji  validitas  dan  realibilitas,  lalu  di  analisis  melalui  teknik  regresi  sederhana.  Hipotesis diuji  dengan  signifikan pada 0,05 margin of error menggunakan  t-test  dan analisis  varians  (ANOVA). Maka  hasil  penelitian  menunjukkan  adanya  pengaruh  yang  signifikan  antara  sumber  belajar  dalam keluarga  terhadap  hasil  belajar  dengan  persamaan  regresi  Y  =  50,736  +  0,291X.  Ini  berarti  bahwa ada pengaruh  yang signifikan sumber belajar dalam keluarga terhadap hasil belajar.

Published
2015-10-12