PERBANDINGAN PENGETAHUAN TENTANG BAHAYA MEROKOK PADA SISWA SMP DI PEDESAAN DAN PERKOTAAN
DOI:
https://doi.org/10.21009/JKKP.022.07Keywords:
knowledge, the dangers of smoking, youth, urban, ruralAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingk an tingk at pengetahuan siswa SMP pedesaan dan perk otaan tentang bahaya merok ok di wilayah Kabupaten Bek asi. Penelitian ini menggunak an metode desk riptif k uantitatif dengan pendek atan survei. Sampel diperoleh dari siswa SMP N 3 Babelan sebanyak 200 siswa dari total 402 populasi serta dari SMP Negeri 1 Babelan sebanyak 200 siswa dari 395 siswa. Tek nik Pengambilan sampel menggunak an metode nonprobability sampling dengan menggunak an multistage sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 200 siswa dari masing-masing sek olah. Aspek pengetahuan diambil pada tingk at k ognitif berdasark an teori bloom edisi revisi. . Analisis data menggunak an uji beda dengan rumus ANOVA satu arah dengan alpha (α) 5%. Hasil Fhitung = 2.9639 dengan hasil lebih tinggi pada siswa SMP di perk otaaan dibanding area pedesaan, sehingga dapat disimpulk an bahwa pengetahuan siswa SMP mengenai bahaya merok ok diperk otaan lebih tinggi dibanding di pedesaan di area k abupaten Bekasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY SA