PENUMBUHAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
DOI:
https://doi.org/10.21009/JKKP.022.08Keywords:
Budi pekerti, sekolah, kurikulum 2013Abstract
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan program penumbuhan budi pekerti siswa sekolah melalui implementasi kurikulum 2013. Latar belakang dari program penumbuhan budi pekerti adalah masih terabaikannya implementasi nilai -nilai dasar kemanusiaan yang berakar dari Pancasila. Serta masih terbatas pemahaman nilai dalam tataran konseptual, belum terwujud menjadi nilai aktual dengan cara yang menyenangkan di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Pada implementasi kurikulum 2013, penumbuhan budi pekerti pada siswa sekolah dapat dilaksanakan melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakulikuler dan nonkurikuler. Peranan guru dalam penumpuhan budi pekerti di sekolah sangat diharapkan sebagai contoh keteladanan siswa untuk membiasakan diri dalam bersikap dan berperilaku yang baik sesuai dengan tatanan dan nilai -nilai luhur budaya dan pancasila.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY SA