PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI YANG EMPATIK DAN ASERTIF REMAJA DAN ORANG TUA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PEMBERIAN INFORMASI (CERAMAH)

  • Regina BM Nainggolan Institut agama Kristen Negeri Tarutung
  • Melina Agustina Sipahutar 1Prodi Pendidikan Panyuluh Agama Kristen, IAKN Tarutung
  • Luhut Sihombing Prodi Pendidikan Panyuluh Agama Kristen, IAKN Tarutung
  • Maya Sipahutar Prodi Pendidikan Panyuluh Agama Kristen, IAKN Tarutung
Keywords: Empathic and assertive communication, communications, group guidance, techniques of providing information (concerning)

Abstract

Komunikasi adalah hal yang mendasar dalam kehidupan manusia. Komunikasi  merupakan  proses yang menjadi dasar pertama memahami hakikat manusia. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi yang empatik dan asertif melalui bimbingan kelompok dengan teknik pemberian informasi (ceramah). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eskperiment). Penelitian ini dalam mengumpulkan data menggunakan suatu alat atau instrument penelitian yaitu menggunakan angket dengan bentuk skala Likert. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu validitas, reliabilitas, dan uji perbedaan. Adapun hasil dari penelitian yang dilaksanakan peneliti yaitu peningkatan yang signifikan kemampuan komunikasi yang empatik dan asertif melalui bimbingan kelompok dengan teknik pemberian informasi (ceramah). Rataan kemampuan komunikasi yang empatik dan asertif sebelum  diberikan treatmen  sebesar (58,548) dan rataan sesudah diberikan treatment sebesar (68,.548). Sehingga menunjukan dampak adanya bimbingan kelompok dengan pemberian informasi (ceramah) terhadap peningkatan komunikasi yang empatik dan asertif.

Published
2023-10-06