Rancang Bangun Cerita Rakyat Ande-Ande Lumut Berbasis Game Visual Novel Menggunakan Ren’py
DOI:
https://doi.org/10.21009/j-koma.v1i1.15165Keywords:
cerita rakyat; multimedia development life cycle; skala likert; Ren’PyAbstract
Tujuan dari pengembangan game ini adalah untuk menghasilkan sebuah game visual novel sederhana dengan unsur cerita rakyat Ande-Ande Lumut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dimana terdapat 6 tahapan, yaitu concept, design, material, collecting, assembly, testing, dan distribution. Namun dalam pengembangan game ini, tahapan hanya sampai testing. Game yang telah dibuat lalu diuji menggunakan teknik pengujian black box, uji ahli materi dan media, dan uji lapangan. Uji blackbox dilakukan oleh penulis sendiri, sementara uji ahli dilakukan oleh ahli media. Sedangkan uji lapangan dilakukan 5 orang responden dan hasilnya berupa skala likert. Hasil yang diperoleh adalah dihasilkannya sebuah game visual novel dengan unsur cerita rakyat Ande-Ande Lumut di dalamnya, yang dibangun menggunakan game engine Ren’Py dengan bahasa pemograman Python yang telah disederhanakan.