PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL), MODEL KONVENSIONAL DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN TANDES KIDUL I/110 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.21009/jpd.v12i01.21736Abstract
Latar belakang dilakukannya Penelitian ini ialah adanya ketidaksiapan pendidik dalam proses kegiatan mengajar. Masih ada para pendidik tidak mengimplementasikan penerapan model pembelajaran yang optimal dalam kegiatan pembelajaran yang meraka lakukan, sedangkan model pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam terselenggaranya kegiatan pembelajaran. Masih banyak ditemukan pendidikan yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan lebih banyak berbicara (ceramah) di depan kelas dan memberikan latihan soal-soal kepada peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang cocok untuk diterapkan di sekolah dan dirumah adalah model project based learning (PBL) dikarenakan dengan penugasan peserta didik akan mendapatkan perhatian yang lebih dari orang tua dalam mencapai hasil belajar yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model project based learning dan perhatian orang tua terhadap belajar peserta didik kelas IV di SDN Tandes Kidul I/110 Surabaya. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) ditemukan pengaruh hasil belajar peserta didik yang signifikan dengan model project based learning dengan memperoleh Ho=0,05 > 0,000, maka Ho ditolak dan H¹ diterima. 2) Perbedaan hasil belajar menggunakan model project based learning dapat dianalisis dari nilai terbesar sebesar 4 lebih baik dari pada penggunaan metode pembelajaran konvensional sebesar 2,85. 3) Dari Sajian hasil angket peserta didik kelas IV yang diajar menggunakan model project based learning rata-rata sebesar 87,83 lebih baik dari pada rata-rata penggunaan metode pembelajaran konvensional sebesar 58,58. Berlandaskan data tersebut dapat ditulis kesimpulan bahwa penerapan model project based learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar tematik peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penilaian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ardhian, T., Ummah, I., Anafiah, S., & Rachmadtullah, R. 2020. Reading and Critical Thinking Techniques on Understanding Reading Skills for Early Grade Students in Elementary School. International Journal of Instruction, 13(2), 107-118.
Baharuddin. 2010. Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rhineka Cipta.
Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Gunawan, Yusuf. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Group.
Kementerrian Pendidikan Kebudayaan. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Pusat Pengembangan Profesi Pendidik
Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo
Mahanal, Susriyati, dkk. 2009. Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Bandung: Rosdakarya.
Malawi, Ibadullah. 2011. Penelitian Pendidikan. Madiun: IKIP PGRI Madiun.
Martono, N, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta. PT Rajagrafindo Persa
Nasution, Thamrin., Nasutin, Nurhalijah. 1989. Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Jakarta, Yogyakarta. Gunung Mulia.
Riduwan. 2004. Metode Riset. Jakarta: Rineka Cipta.
Sani, Ridwan Abdullah. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum. 2013. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta. Rineka Cipta.
Stripling. B. dkk. 2009. Project Based Learning: Inspiring Middle School Students to Engage in Deep and Active Learning. New York: NYC Department of Education.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiono. 2011. Pedagogik Terapan. Surabaya.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: IKAPI
Thomas, J.W. 2000. A Review of Research on Project Based Learning. online.
Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif pedagogik. Jakarta: Bumi Aksara
Guo, S. & Yang, Y. (2012). “Project-Based Learning: an Effective Approach to Link Teacher Professional Development and Students Learning”.
Tiantong, Monchai., Siksen, Sumalee (2013). “The Online Project-based Learning Model Based on Student’s Multiple Intelligence”.
El-sadi, Haifa (2015). “Project Based Learning – Virtual Lab: Heat Transfer”.
Gangga, Almes., Jama, Jalius. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam peningakatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI TOSM I Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor SMKN I Koto XI Tarusan”.
Pradita, Yulistyana., Mulyani, Bakti., Redjeki, Tri. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa pada materi pokok sistem koloid kelas XI IPA Semester genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014”.
Rachmadtullah, R., Harlinda, S., & Rasmitadila, R. 2020. The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students. Universal Journal of Educational Research.
Sandi, Aris., Ni Kt N, Garminah Ni Ny, Pudjawan Kt. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N 8 BANYUNING”.
Kamayani.A. Diah, Sumantri. Md, Nym Sudana Dw. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar IPA di SD Gugus XI Kecamatan Buleleng”.
Susilaningsih Eko Mawarsih, Hamidi Nurhasan, “Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Jumapolo”.
http://www.academia.edu/6808732/MAKALAH_PERMASALAHAN_PENDIDIKAN_DI_INDONESIA_BAB_I_PENDAHULUAN Diakses tanggal 8 Juli 2021 jam 09.45
https://nuzan.wordpress.com/2012/07/21/pengertian-pbl-project-based-learning-pembelajaran-berbasis-proyek/ Diakses tanggal 5 Juni 2021 jam 09.45
http. www.scribd.com Diakses tanggal 18 Januari 2021 jam 18.30
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Dasar