PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT MELALUI KARTU ‘PRADA’ TERHADAP KETERAMPILAN KERJASAMA DAN KOMUNIKASI

Authors

  • Lailatul Yusro Universitas Negeri Surabaya
  • Wahono Widodo Universitas Negeri Surabaya
  • Nadi Suprapto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21009/jpd.v12i01.21806

Abstract

Abstract: The Pandemic period due to COVID-19 present it’s own challenge for Indonesia education system.Learning process have to adapted quickly for distance learning. Collaboration and communication ability are some of 21’s century skills that mandated by educational minister of Indonesia to be trained for the students. Collaboratin and communication skills are usefull for various aspect of students’s real live. For six’s grade class students, to trained collaboration and communication skills have their own challenge, it’s causes the time for practice teaching and learning just 8-9 months with the fullfill lesson theory. Therefore, this study applies a cooperative learning model typef teams games tournament with ‘prada’ card media to improve collaboration and communication skills of six’s grade students in elementary school. This study used an experimental research type conducted at SDN Geluran 1 Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. The Cooperative learning type process with ‘prada’ card media make the students active during the lesson, that shown by percentage of 88%. The percentage of cooperation skills at the first learning process was 61% and at the fourth it was 68,7%. For the communicatin skills of students at the first learning process was 60,5% and at the fourth was 67,6%.

Keywords: Teams Games Tournament, ‘Prada’ Media Card, Collaboration and Communication skills

Abstrak: Masa pandemi akibat Covid-19 memberikan tantangan tersendiri bagi sistem pendidikan di Indonesia. Proses pembelajaran harus beradaptasi dengan cepat dari sistem pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Keterampilan kerjasama dan komunikasi merupakan dua keterampilan abad 21 yang diamanatkan oleh Menteri pendidikan Indonesia untuk dilatihkan kepada peserta didik. Keterampilan kerjasama dan komunikasi merupakan keterampilan abad 21 yang berguna dalam berbagai aspek kehidupan peserta didik, baik dalam lingkup sekolah maupun dalam lingkup masyarakat. Pada peserta didik kelas VI melatihkan keterampilan kerjasama dan komunikasi memiliki tantangan tersendiri, dikarenakan padatnya materi dan singkatnya waktu pembelajaran.  Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan tipe Teams Games Tournament dengan media kartu ‘prada’ untuk meningkatkan keterampilan kerjasama dan komunikasi pada peserta didik kelas 6. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yang dilakukan di SDN Geluran 1 Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Proses pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media kartu ‘prada’ dapat membuat peserta didik aktif selama proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan prosentase sebesar 88%. Keterampilan kerjasama dan komunikasi peserta didik mengalami peningkatan, prosentase keterampilan kerjasama pada pertemuan ke-1 sebesar 61% dan pada pertemuan ke-4 menjadi 68,7%. Untuk keterampilan komunikasi lisan peserta didik pada pertemuan ke-1 sebesar 60,5% dan pada pertemuan ke-4 menjadi 67,6%.

Kata Kunci:  Teams Games Tournament, Media Kartu ‘Prada’, Keterampilan Kerjasama dan Komunikasi

Downloads

Published

2021-07-13

How to Cite

Yusro, L. ., Widodo, W. ., & Suprapto, N. . (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT MELALUI KARTU ‘PRADA’ TERHADAP KETERAMPILAN KERJASAMA DAN KOMUNIKASI . Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 139–153. https://doi.org/10.21009/jpd.v12i01.21806