PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK GRUP INVESTIGASI

Group Investigation

Authors

  • Finny Khaeriyah Mahasiswa S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

hasil belajar ilmu pengetahuan sosial, teknik Group Investigation, penelitian tindakan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses dan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial melalui metode kooperatif dengan teknik Group Investigation. Model penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart dengan subyek penelitian adalah 27 siswa kelas 3 Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan dari Januari 2016 sampai Maret 2016. Penelitian ini dilakukan selama 6 pertemuan yang terbagi dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui data tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif . Analisis kualitatif digunakan untuk menjelaskan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada anak-anak setelah pembelajaran diikuti dengan menggunakan metode grup investigasi. Pada pra siklus, siklus I dan II mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas 3 sekolah dasar yang dilakukan melalui metode kooperatif dengan teknik Group Investigation.

Published

2016-12-30

How to Cite

Khaeriyah, F. (2016). PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK GRUP INVESTIGASI: Group Investigation. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 209–224. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/2188