KECERDASAN EMOSIONAL DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR IPS

Kecerdasan Emosional

Authors

  • Mahasiswa S2 Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Hasil Belajar IPS, Kecerdasan Emosional, Konsep Diri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional, konsep diri dan hasil belajar IPS. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Pejaten Timur Kecamatan Pasar Minggu kelas 5 dengan 60 siswa yang diambil secara acak. Metode penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik statistik regresi dan korelasi. Instrumen pengumpulan data dalam tes hasil belajar dan kuesioner telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa: (1) ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial; (2) ada hubungan positif antara konsep diri dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial; (3) ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dan konsep diri simultan eously dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kecerdasan emosional dan konsep diri siswa.

Published

2016-12-30

How to Cite

Nur Izma. (2016). KECERDASAN EMOSIONAL DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR IPS: Kecerdasan Emosional. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 225–236. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/2189