PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN BENTUK PORTOFOLIO TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA

Koneksi Matematika

Authors

  • Mahasiswa S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Pendekatan Pembelajaran, Bentuk Portofolio, Kemampuan Koneksi Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran dan bentuk portofolio terhadap kemampuan koneksi matematika. Desain penelitian ini disain faktorial 2 x 2 sampel terdiri dari 111 siswa.Teknik analisis data varians (ANOVA) dua arah. Hasil penelitian diperoleh adalah: 1) kemampuan untuk menghubungkan matematika untuk kelompok siswa yang diberi pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi pendekatan pembelajaran langsung, 2) kemampuan untuk menghubungkan matematika dengan kelompok siswa yang diberikan semacam portofolio untuk melihat lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi bentuk dokumentasi portofolio, 3) ada pengaruh interaksi antara pendekatan pengajaran dan bentuk portofolio dengan kemampuan koneksi matematika, 4) kelompok siswa berdasarkan bentuk portofolio untuk melihat lebih tinggi jika diajarkan menggunakan realistis pendekatan matematika daripada belajar pendekatan langsung, 5) kelompok siswa yang diberi portofolio bentuk dokumentasi yang lebih tinggi jika diajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran langsung daripada pendekatan matematika realistik, 6) dalam proses belajar menggunakan pendekatan matematika studi matematika realistik dari hasil mereka akan lebih tinggi dengan bentuk tampilan portofolio bukan oleh bentuk dokumentasi portofolio, 7) dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan langsung ke belajar hasil studi matematika mereka akan lebih tinggi dari tipe portofolio dokumentasi bukan oleh bentuk tampilan portofolio.

Published

2016-12-30

How to Cite

Nadar. (2016). PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN BENTUK PORTOFOLIO TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA: Koneksi Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 265–282. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/2207