PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERPADU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI

Menulis Deskripsi

Authors

  • Mahasiswa S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Deskriptif Menulis Keterampilan, Model Pembelajaran Terpadu, Pembelajaran Independen

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai efek dari model pembelajaran terpadu dan belajar mandiri untuk kemampuan menulis deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model eksperimen dengan desain analisis faktorial 2x2 di pengujian hipotesis. Dalam penelitian ini, 22 dari cluster random sampling 80 siswa. Penelitian ini difokuskan pada tiga aspek; model pembelajaran terpadu dan belajar mandiri untuk kemampuan menulis deskriptif. Data dikumpulkan dengan tes menulis deskriptif dan dianalisis dengan analisis jalur. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) menulis deskriptif siswa keterampilan diberi model pembelajaran tematik terpadu lebih tinggi dari siswa yang diberi terfragmentasi, (2) menulis deskriptif siswa keterampilan dalam kelompok siswa yang telah independen pembelajaran tinggi diberikan model pembelajaran terpadu tematik terpadu lebih besar daripada sekelompok siswa diberi pembelajaran terfragmentasi, (3) siswa kemampuan menulis deskriptif dalam kelompok siswa yang memiliki belajar mandiri rendah mengingat tentang belajar terfragmentasi lebih tinggi dari kelompok siswa diberi tentang model pembelajaran tematik terpadu, (4) ada interaksi antara pembelajaran dan belajar mandiri dengan keterampilan menulis deskriptif

Published

2016-12-30

How to Cite

Niken. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERPADU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI: Menulis Deskripsi. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 283–297. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/2208