KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI DI KABUPATEN BOGOR

Kemampuan Membaca Kritis

Authors

  • Mahasiswa S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Kemampuan berpikir kritis, minat baca, kemampuan membaca kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dan minat baca dengan kemampuan membaca kritis pada Siswa Kelas TinggiSD Negeri di Kabupaten Bogor, dengan jumlah populasi sebanyak 431 siswa. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis korelasi menggunakan rumus r Product Moment. Hasil penelitian menunjukan adanya korelasi positif antara: (1) Kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan membaca kritis; (2) Minat baca dengan kemampuan membaca kritis; (3) Kemampuan berpikir kritis dan minat baca dengan kemampuan membaca kritis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan minat bacadengan kemampuan membaca kritis

Published

2016-12-30

How to Cite

Sariyem. (2016). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI DI KABUPATEN BOGOR: Kemampuan Membaca Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 329–340. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/2211