PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI SISWA KELAS III

Menulis Narasi

Authors

  • Kepala Sekolah di SDS Penabur Kelapa Gading Jakarta Utara

Keywords:

keterampilan menulis narasi, media gambar seri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui penggunaan media gambar seri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan catatan lapangan, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif model Miles & Huberman yang meliputi reduksi, display, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwapembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Peneliti melakukan perbandingan antara kemampuan menulis cerita pendek pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil tes tersebut, pasa siklus I memperlihatkan bahwa kemampuan menulis narasi belum memuaskan, hal ini terlihat dari nilai siswa yang mendapatkan nilai dibawah Kriteria Kelulusan Minimal 75 ada 12 siswa. artinya siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal hanya 53,8 % dari 26 siswa. Sedangkan pada siklus II penguasaan siswa terhadap materi pelajaran lebih baik dan memuaskan yaitu siswa yang mendapatkan nilai dibawah 75 ada 4 siswa, artinya siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal telah mencapai 84,6 % dari 26 siswa.

Published

2016-12-30

How to Cite

Juldianty. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI SISWA KELAS III: Menulis Narasi. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 387–396. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/2215